Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
ISLAM AL FALAH
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Kelas/ Semester : X/2
Tahun Ajaran : 2015/2016
Waktu : 2 x 45 (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
Mendengarkan: Memahami informasi melalui tuturan
Kompetensi
Dasar : Menyimpulkan isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
Indikator :
|
§ Mencatat
pokok-pokok isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
§ Menemukan
isi informasi dengan rumus 5W+1H
§ Menyimpulkan
isi informasi yang telah dituliskan dengan bahasa yang baik dan tepat
§ Menyampaikan
secara lisan isi informasi yang telah ditulis
secara runtut dan jelas
|
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi dalam pelajaran ini, siswa
diharapkan dapat:
§ mencatat pokok-pokok isi informasi yang
disampaikan melalui tuturan langsung
§ menemukan
isi informasi dengan bantuan rumus 5W+1H (what,
why, when, where, who, how)
§ menyimpulkan
isi informasi yang telah dituliskan dengan bahasa yang baik dan tepat
§ menyampaikan secara lisan isi informasi
yang telah ditulis secara runtut dan jelas
II.
Materi Pembelajaran
§ Informasi dari tuturan langsung tentang topik
tertentu
§ Pokok-pokok isi informasi
§ Rumusan
5W+1H
III.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Siswa memberi salam kepada guru.
2.
Guru mengecek kehadiran siswa. Selanjutnya memberikan informasi mengenai
materi yang akan dipelajari.
3.
Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat
mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab, dan cinta
damai.
|
Ceramah
|
|
Guru
|
|
5
menit
|
2.
|
Kegiatan inti
Mengamati
4. Guru menerangkan mengenai tuturan langsung.
5. Guru memperdengarkan informasi kepada
siswa yang berisi informasi melalui tuturan langsung.
Menanyakan
5.
Siswa mempertanyakan tentang menyimpulkan informasi melalui tuturan
langsung.
6. Siswa mempertanyakan
tentang pokok-pokok
isi informasi melalui tuturan langsung.
7. Siswa mempertanyakan cara menemukan informasi dengan rumus
5W+1H.
Mengeksplorasi
1.
Siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai pokok isi informasi tuturan
langsung.
2.
Siswa mengidentifikasi pokok isi tuturan langsung.
3.
Siswa mengidentifikasi informasi dengan rumus 5W+1H.
4.
Siswa menuliskan hasil temuan pokok-pokok isi tuturan langsung.
Mengasosiasi
5.
Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok-pokok isi tuturan langsung melalui
diskusi kelompok kecil dengan saling menghargai, bekerja sama, dan
bertanggung jawab.
6.
Siswa secara kelompok berdiskusi untuk menyimpulkan isi pokok tuturan
langsung dengan bantuan rumus 5H+1H dengan saling menghargai, bekerja sama,
dan bertanggung jawab.
Mengomunikasikan
7.
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok/hasil analisis.
8.
Siswa mempresentasikan
laporan kerja kelompok/hasil analisis dengan rasa percaya diri.
9.
Siswa menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tanya Jawab
-
Diskusi
-
Penugasan
Diskusi
Presentasi
|
-
Buku Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia
-
Rekaman
Buku
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Guru
Guru dan siswa
Guru dan siswa
Siswa
Siswa
|
|
10 menit
5 menit
25 menit
20 menit
15 menit
|
3.
|
Penutup
10.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilakukan.
11.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran
terkait bagaimana menemukan dan menyimpulkan pokok isi informasi tuturan
langsung.
12.
Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.
|
-
Ceramah
-
Tanya
jawab
|
|
Guru
|
|
10 menit
|
IV.
Penilaian
1.
Penilaian proses
Lembar
pengamatan sikap
No.
|
Nama
|
Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
|
||||
Kerjasama
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Disiplin
|
Menghargai orang lain
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Kesesuaian
isi
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan
isi
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan
simpulan
|
|
|
|
|
|
4.
|
Intonasi
penyampaian
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
|
|
|
|
Jambi, Januari 2016
Mengetahui, Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
A. Syihabuddin, S.Pd,. M.Pd.I Patrisia Merly, S.Pd.
NIP NIP
No comments:
Post a Comment