Friday, June 9, 2017

Pelatihan kompetensi Guru

Ceritanya, ini salah satu hasil belajar dari salah banyak hasil pelatihan. Bikin puyeng tapi lumayan nambah ilmu lah yaa..



Nama anggota :
-          -M. Dony, S.Pd. unit kerja SMAN 5 Tanjabtim
-          Patrisia Merly, S.Pd. unit kerja SMA ISLAM AL FALAH Kota Jambi
      Habimuddin, S. Pd. Unit kerja SMAN 7 Kota Jambi
      Mardiana Jenni Simanjuntak, S.Pd  Unit Kerja SMA N.2 Tanah Sepenggala
       Ingni yolandari, S.Pd unit kerja SMA N 14 kerinci
       Riani raswati. EN, S.Pd unit kerja SMA Nusantara Jambi


Kelas                                       : X
Pasangan KD                          : KD 3.9 Dan KD 4.9
IPK  Pengetahuan                   :
IPK Keterampilan                   :
Materi Pembelajaran               : Mengidentifikasi nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
Model/metode Pembelajaran  : Discovery / Diskusi 

Kemampuan Berpikir dan Pengetahuan Pada IPK
Sintaks/Tahapan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
1
2
3
3.9.1       Mengidentifikasi karakteristik hikayat.




3.9.2  Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat.




3.9.3   Membandingkan nilai-nilai hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.




4.9.1 Menceritakan kembali isi hikayat ke dalam bentuk cerpen.

·   Stimulasi
·   Identifikasi masalah



·   Pengumpulan data





·   Pengolahan data
·   Pembuktian




·   Menarik kesimpulan
·     Siswa membaca contoh hikayat yang telah disediakan oleh guru.
·      Siswa mulai mengidentifikasi karakteristik yang terdapat pada contoh hikayat.

·     Siswa mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
·     Siswa menemukan informasi mengenai nilai-nilai yang ada pada hikayat.
·     Siswa mengelompokkan nilai-nilai yang ada pada hikayat.

·     Siswa mempertimbangkan nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan kehidupan saat ini.
·     Siswa membandingkan nilai-nilai hasil yang ditemukan dalam kehidupan sehari dengan nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
·     Siswa menyimpulkan hasil kerja mengenai nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
·     Siswa menceritakan kembali nilai-nilai yang terdapat pada hikayat yang disadur ke dalam bentuk cerpen.



No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...