Ceritanya, ini salah satu hasil belajar dari salah banyak hasil pelatihan. Bikin puyeng tapi lumayan nambah ilmu lah yaa..
Nama anggota :
- -M. Dony, S.Pd. unit kerja SMAN 5
Tanjabtim
-
Patrisia Merly, S.Pd. unit kerja SMA
ISLAM AL FALAH Kota Jambi
Habimuddin,
S. Pd. Unit kerja SMAN 7 Kota Jambi
Mardiana Jenni Simanjuntak, S.Pd Unit Kerja SMA N.2 Tanah Sepenggala
Ingni yolandari, S.Pd unit kerja SMA N 14 kerinci
Riani raswati. EN, S.Pd unit kerja SMA Nusantara
Jambi
Kelas : X
Pasangan KD : KD 3.9 Dan KD 4.9
IPK Pengetahuan :
IPK Keterampilan
:
Materi
Pembelajaran : Mengidentifikasi nilai-nilai dan kebahasaan cerita
rakyat dan cerpen
Model/metode
Pembelajaran : Discovery /
Diskusi
Kemampuan Berpikir dan
Pengetahuan Pada IPK
|
Sintaks/Tahapan
Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
3.9.1
Mengidentifikasi karakteristik hikayat.
3.9.2 Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam
hikayat.
3.9.3
Membandingkan nilai-nilai hikayat
yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
4.9.1
Menceritakan kembali isi hikayat ke dalam bentuk cerpen.
|
· Stimulasi
· Identifikasi
masalah
· Pengumpulan
data
· Pengolahan
data
· Pembuktian
· Menarik
kesimpulan
|
· Siswa membaca contoh
hikayat yang
telah disediakan oleh guru.
· Siswa mulai
mengidentifikasi karakteristik yang terdapat
pada contoh hikayat.
· Siswa
mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
· Siswa menemukan
informasi mengenai nilai-nilai yang ada pada hikayat.
· Siswa
mengelompokkan nilai-nilai yang ada pada hikayat.
· Siswa
mempertimbangkan nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan kehidupan
saat ini.
· Siswa
membandingkan nilai-nilai hasil yang ditemukan dalam kehidupan sehari dengan
nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
· Siswa
menyimpulkan hasil kerja mengenai nilai-nilai yang terdapat pada hikayat.
· Siswa
menceritakan kembali nilai-nilai yang terdapat pada hikayat yang disadur ke
dalam bentuk cerpen.
|
No comments:
Post a Comment