Friday, May 1, 2015

Ribetnya anak zaman sekarang

Yah, rasanya judul itu cukup mewakili bagaimana kondisi dan situasi anak-anak zaman sekarang. Gegara obrolan tak sengaja dengan temen, akhirnya malah membahas soal ini.
Zaman memang semakin canggih. Karna kecanggihannya itu pula, kalo diperhatikan, daya kreativitas dan daya juang anak sekarang justru makin lemah. Maunya yang gampang aja, maunya yang cepet aja, maunya begini, begitu yang ga pake ribet, ga pake sulit, yang penting dapet! Haloooo... Emangnya tinggal di dunia sihir! Harry Potter aja kalo mau sesuatu tetep aja harus belajar dulu, kudu ngapalin mantera dulu. Baru abis itu bisa ngelakuin yang dia mau. Lah ini?

Sudah perangainya pengennya yang instan aja, tutur bahasanya juga semakin jauh dari sopan.
Inget banget kejadian upacara kemaren. Padahal pembina upacara lagi ngasih pengarahan penting buat anak kelas IX yang mau UN. Cuma gegara dialek si bapak yang medok jawanya, anak-anak pada rame nge"beo" sampe beberapa kali. Pake acara ketawa lagi ⊂( ̄(工) ̄)⊃
Sampe akhirnya, karna kondisi ga kondusif lagi, pengarahan dihentikan. Eh, malah pada girang (╯3╰)
Miris bener melihat makin merosotnya nilai budi pekerti anak sekarang. Belum lagi ditambah dengan tontonan yang jauh dari kata baik. Apa tuh anak SD aja udah tau nge-geng, udah ngerti malak, udah paham soal seks, mau jadi apa anak bangsa kedepannya? Mau jadi anak bangsa(t)? Seperti gurauan aku dan teman-teman ketika akan masuk kelas buat mengajar, "mari bapak/ibu, kita menghajar anak bangs*t." Ya, menghajar dengan ilmu yang baik agar mereka tak seperti itu lagi. Jangan dibayangkan menghajar secara fisik, tapi menghajar mental mereka agar lebih baik, lebuh berbudi, supaya nantinya lebih sopan dan santun.
Jika boleh mengeluh, beratnya tanggung jawab sebagai guru ƪ(‾.‾“)┐
Belum lagi, terkadang wali murid menuntut anaknya menjadi baik, tapi justru kurang memperhatikan anak mereka sendiri dengan baik. Bahkan dari pengalaman di lapangan, banyak sekali guru yang dicela karna tak bisa mengajar. Pertanyaan selanjutnya yang terlontar dari dalam hati, apakah Anda sendiri bisa mengenali karakter buah hati sendiri?

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...