Wednesday, May 22, 2013

kreatif dalam mengajarkan belajar membaca

melihat anak kecil yang lucu pasti membuat kita gemes. ditambah pula mereka pintar membaca dalam usia yang masih dini. hem, pastinya buat sobat yang juga memiliki anak kecil, ingin juga agar si buah hati pandai seperti si anak itu. nah, ada cara kreatif nih untuk membantu serta membimbing anak usia dini dalam belajar membaca. jadi, menurut seorang tokoh psikolog perkembangan dari Swiss, Jean Piaget, anak dalam rentang usia 2-6 tahun yang biasanya bersekolah di kelompok bermain dan TK, memiliki pola pikir praoperasional. anak-anak usia segitu, biasanya menggunakan objek gambar dan kata-kata untuk belajar membaca.



buat sobat yang kepengen ngajarin langsung ke si buah hati di rumah, ada beberapa tips kreatif untuk mengajarkan anak usia dini dalam belajar membaca.

1. coba untuk memberikan nama pada semua benda yang dimiliki oleh si anak. misalnya, boneka beruang yang dinamai bear, mobil-mobilannya disebut dengan mobi, dan sebutan lainnya.

2. untuk membuat suasana belajar semakin menyenangkan, ajak anak untuk bermain tebak kartu. kartu yang digunakan biasanya kartu bergambar benda dengan nama-nama tertentu. dengan cara ini, si anak secara tidak langsung belajar mengingat nama berdasarkan gambar yang dilihatnya.

3. dalam belajar membaca, sebaiknya anak tidak langsung diajarkan abjad terlebih dahulu. cobalah mengajarkan kata demi kata, baru kemudian menguraikannya ke bagian yang lebih kecil.

4. untuk memperkuat kemauan anak dalam belajar membaca, cobalah untuk memancing minat baca anak dengan membiasakan membacakan buku cerita sebelum tidur.

gimana, ga terlalu sulit kan, sobat? silahkan dicoba dan semoga berhasil. mari ajak anak untuk gemar membaca agar dia tahu lebih banyak tentang dunia :D

(sumber: suara PGRI mobile -dengan tambahan seperlunya-)

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...