Tuesday, May 21, 2013

tips buat guru pemula

buat sobat yang berniat pengen mengabdikan diri menjadi seorang guru, ada tips seru yang bisa sobat aplikasikan khususnya bagi kalian yang baru akan memulai terjun di dunia pendidikan. tips ini ditulis oleh Nancy Flanagan, yang merupakan seorang pendidik, penulis, dan konsultan dari Michigan, AS. mau tau apa aja tips serunya? Yuk simak info selengkapnya.
1. jangan pernah sungkan untuk meminta saran dari mentor atau guru senior yang ada di sekolah. dengan cara tersebut, sobat bisa memperbaiki dimana letak kekurangan saat mengajar. untuk menambah referensi, ga ada salahnya juga buat membaca buku panduan mengajar. informasi yang dieroleh tersebut akan menjadi ide konsep dalam pekerjaan sobat.

2. menjadi seorang guru ga ada salahnya juga untuk tetap berpenampilan trendi tapi jangan sampe kebablasan juga ya, sobat. kita harus bisa pintar-pintar jaga penampilan. hindari berpakaian yang menimbulkan kesan mewah, seksi, atau justru terlalu santai. pokoknya, yang pas deh :)

3. sebagai referensi supaya cara mengajar kita ga monoton, ga ada salahnya juga sesekali kita perhatikan bagaimana cara guru lain dalam berinteraksi dengan siswa. dengan begitu, kita bisa mengevaluasi kemampuan diri sendiri juga.

4. supaya ngga terlihat kaku atau canggung saat mengajar, ga ada salahnya buat kita untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari. kita baca-baca dulu materi yang bakalan diajarkan, terus jika perlu perangkat tambahan, bisa dipersiapkan juga.

yup, itu dia beberapa tips sukses buat sobat yang mau jadi seorang pengajar atau guru pemula. semoga sukses ya.... :D

(sumber: suara PGRI mobile)

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...