Saturday, November 17, 2012

ma monitoring project #1

monitoring minggu pertama, hampir selesai. tapi masih ada 2 sekolah lagi yang belum bisa dikunjungi. total ada 8 sekolah, tapi cuma bisa 6 sekolah yang masuk dalam daftar minggu ini. dalam 1 minggu ini, banyak banget ceritanya. yap, ini dia cerita monitoring dalam rangka sosialisasi TIPIBA minggu pertama.
pra-monitoring dilalui dengan mencari lokasi sekolah yang sudah masuk dalam daftar target. awalnya cuma ada 6 sekolah doang, tapi ga tau dari mana nyelip 2 sekolah lain. ga masalah, berhubung lokasinya ga terlalu berjauhan dengan yang ada dalam daftar, ditolerir aja.
setelah semua lokasi sekolah target diketahui -pas nyari lokasi pake acara ujan lebat lagi- sekarang siap buat turun. bukan sekolah yang mewah dan megah yang menjadi target dalam kegiatan ini. tapi sekolah-sekolah yang berada di tengah kota, hanya saja kapasitas sekolahnya jauh dari kesan mewah. hanya beberapa sekolah aja yang berbatu bata, selebihnya berupa sekolah panggung.

13 november 2012
SD 101
monitoring pertama diawali dengan mengunjungi SD 101. sekolah ini letaknya ribet. jalan masuknya aja nyelip di antara ruko. mana jalannya kecil, sebelahnya jurang, mengerikan! kudu ekstra hati-hati buat bisa mencapai lokasi. terus, satu hal lagi yang aku mesti perhatikan, lokasi sekolah ini masuk dalam area 'rawan'. pokoknya, perlu antisipasi dan kewaspadaan yang tinggi.
diluar dari segala apa yang ada, namun aku suka dengan sekolah ini. kepala sekolahnya ramah, gurunya juga asyik. belum lagi anak-anaknya yang memang ga banyak sih, cuma 12 orang ajah, tapi mereka seru. mana ada satu anak yang menonjol banget. badannya kecil, tapi pintar. so love it :)
namanya roy. dia paling dominan diantara yang lainnya. kalo belajar baca, suaranya paling melengking. dia udah bisa baca meski masih terbata. tapi emang dia yang paling lancar membacanya diantara yang lain. sempat selentingan teman didepannya mengusuli kalo ibunya sudah meninggal. tapi dia langsung meralat. terus ditambahin lagi kalo bapaknya cuma kuli bangunan. tapi dia tetep semangat meskipun begitu kondisi orang tuanya. dna hal itu membuat aku terenyuh. dia bilang, dia pengen jadi polisi. semoga tercapai ya anak manis... :)
lanjut ke sekolah selanjutnya. berhubung dalam 1 hari harus mampir ke 2 sekolah sekaligus, jadi ga bisa lama-lama deh.
SD 30
beda lagi untuk sekolah yang satu ini. gurunya punya trik dengan membagi siswanya menjadi 2 kelompok dalam belajar membaca. ada kelompok pintar dan kelompok lemah. jadwal masuk sekolahnya juga beda. ada gelombang siang dan pagi. kebetulan untuk gelombang pagi di SD 30 kemarin itu, aku ketemu dengan kelompok yang pintar. mereka antusias juga dalam belajar membaca. udah mulai pada tahapan membaca yang cukup rumit untuk tingkat mereka. dan mereka dengan mulus melaluinya. wow! kalo begitu kondisinya, aku yakin dalam waktu singkat, anak-anak itu akan lancar membaca.
ada satu anak yang unik banget. kata gurunya, dia anak yatim. saat aku mau pulang, dia terus ngikutin aku sampe diparkitran. belum tau siapa namanya. dia sampe mengejar aku pas udah mau jalan. aneh banget tuh anak -_-

14 november 2012
perjalanan selanjutnya. hari ini SD 172 dan SD 174.
SD 172
mau pergi pagi, eh malah hujan gede. alhasil nunggu dulu deh ampe sedikit reda. mana harus nganterin adek dulu ke mendalo. yah, muter-muter deh. nyampe di sekolahnya, celana basah dan telah banget. ga salah udah jam 9 kurang. ga taunya, siswa kelas 1 belajar agama islam. jadinya konsul masalah jadwal aja dulu sama wali kelasnya. eh, si ibu malah cerita panjang lebar soal gimana dulu waktu dia ujian akhir yang nguji pak wawan sama prof muji. cerita deh tuh gimana proses yang dijalaninya. cukup memakan waktu hingga akhirnya aku mesti mengakhiri dengan memohon diri untuk lanjut monitoring ke sekolah lainnya. maaf yah bu...ga maksud begitu juga sih. cuma ya mau gimana lagi.. hehe..
SD 174
nah ini dia sekolah yang membuat aku dag dig dug deeeerr... kenapa? karena aku hampir jatuh masuk pekarangan sekolahnya. soalnya, jalannya kecil dan kudu naik titian papan buat nembus area sekolahnya. udah temiring-miring ini badan hampir ketimpa motor. alhamdulillah, ada yang bantuin. :D -tapi tetep aja gregetan-
berhubung sekolahnya lagi di renovasi dan aku datang di waktu yang bisa dibilang tidak begitu tepat, karena mereka pada masuk siang, sedang aku masih kepagian. jadinya ga jauh beda dengan apa yang aku lakukan di sekolah sebelumnya, aku monitoring aja dulu soal jadwal belajar mereka. sekalian basa-bsai dikit. lagi asyik ngobrol, dapet telpon pula dari radio. ada sedikit tawaran pekerjaan tambahan buat nge-MC di suatu acara. dan kudu segera merapat untuk membicarakannya. ya sudahlah, berhubung yang mau dipantau lagi ga ada, langsung pamit dan meluncur ke radio. lumayan, ada side job tambahan.. :P

17 november 2012
SD 173
masih melanjutkan cerita perjalanan monitoring hari berikutnya di minggu pertama. dan sekarang mampir ke SD 173. sekolahnya panggung deket dengan sebuah bantaran kali -got gede gitu deh- hemm.. lagi-lagi kurang beruntung seperti sekolah sebelumnya, aku ga bisa membuat rekaman data karena anak-anaknya pulang cepet dan lagi belajar agama.  supaya ga sia-sia, ya monitoring jadwal juga deh seperti sebelumnya. dan tau kah kamu? ini sudah masuk sekolah ke 4 yang pas mau di pantau malah jam pelajarannya justru belajar agama. mana hari sabtu pula, jam sekolahnya singkat. selesai agama mereka pulang. sambil nego jadwal, ibu gurunya cerita sedikit bagaimana kondisi siswanya. sedih bener deh ah! sekolahnya bisa ditengah kota, tapi yang menjadi siswa di sekolahnya hanyalah kalangan kelas bawah saja. malah kata bu gurunya, ada pernah kejadian anak kelas 6 yang mau ujian akhir, harus di jemput ke rumah. perkaranya, rata-rata anak yang sekolah di sana ada juga yang mesti bantuin orang tuanya jualan sangkek atau plastik kresek di pasar. sebegitunya... :(  ngenes banget denger ceritanya.
SD 171
mending lanjut ke sekolah selanjutnya. nah ini, satu sekolah yang paling aku, gimana yah mau bilangnya. kalo sekolah yang lain, masih nyediain parkir motor dengan cukup aman. masih di tanah yang datar. tapi untu satu sekolah ini, udah lokasinya masuk gang kecil, penurunan pula, cukup nukik pula. komplit! awalnya sempet ragu juga mau masuk sampe dalem gegara pasti bakalan repot buat parkir motor, dan kenyataannya benar sekali sodara-sodara!!! sampai pada akhirnya aku kehilangan waktu cuma buat parkir motor di tempat yang benar. abisnya daerahnya nurun banget dan aku ga kuat buat naikin motor dalam posisi yang menyimpang. sampe ada ibu-ibu yang mau jemput anaknya yang aku mintain tolong. bukannya keadaan semakin baik, malah semakin runyam. sampe si ibu minta bantu sama salah satu guru olahgara dari sekolah yang mau aku kunjungi itu. nah ini dia klimaksnya. maluuu... yang bantuin itu emang guru olahraga. ga perlu sangsi karna badannya proporsional buat bantuin. dan kenapa aku bilang malu, soalnya aku mesti ngadepin itu guru dengan kondisi yang ga banget! sedikit lebay kali ya karena harus di garis bawahi, tapi berhubung yang bantuin itu masih muda, ditambah lagi wajahnya oke pula, itu dia faktor utama aku malu. hehehe... sambil monitoring, tetep bisa nyuci mata. hahahaha... *-*  asli keringetan! karena pertama udah kehabisan akal ga bisa parkir dengan benar, terus harus nahan rasa malu di depan guru itu. huhuhu.... -ini keringet ga mau kompromi amat yak?! :P gegara kejadian itu, waktuku abis cuma buat parkir motor doang ketimbang buat monitoring. soalnya 5 menit setelah aku menghadap guru -yang emang jadi sasaran sesungguhnya- anak-anak udah masuk jam bubaran. sedih :(  biar tetep bisa nyenengin hati, monitoring jadwal juga deh. emang sebuah cerita yang cetaaarr banget dari SD 171.
ribet deh kalo monitoring di hari dengan jam sekolah yang singkat.

hemm.. oke, itu dia perjalanan monitoring di minggu pertama. ga semua sekolah bisa memberikan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan. soalnya, mungkin karena ini baru penjajahan kali pertama, jadi kondisinya sulit untuk diprediksikan. tapi yang pening, tetep semangat aja buat kegiatan ini.
cek laporan di minggu selanjutnya yah...
sampai jumpa... ^.^





No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...