Saturday, May 7, 2011

Peringatan Bulan Sastra







Dalam rangka memperingati bulan sastra, Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMABINDO), menggelar acara dengan mengusung tema Merajut Sastra, Merunut Budaya. Acara ini diadakan pada tanggal 25-28 Mei 2011 lalu. Kegiatan yang dilaksanakan selama rentang waktu kurang lebih 4 hari tersebut, terfokus kepada siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dengan mengadakan beberapa cabang perlombaan, antara lain penulisan cerita pendek (cerpen), pementasan drama, dan musikalisasi puisi. Selain itu, sebagai kegiatan inti dari peringan bulan sastra tersebut, panitia pelaksana juga melaksanakan seminar dengan tema Cinta Sastra Sejak Remaja dan bedah buku Trilogi Darah Emas karya seorang penulis Jambi, Meiliana K Tansri. Untuk seminar sendiri diisi oleh Dr. Maizar Karim, M.Hum yang kesehariannya merupakan salah satu staf pengajar di Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia serta menjabat sebagai Pembantu Rektor III.

Acara yang diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Pembantu Rektor III dan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan pementasan drama pada hari pertama, cukup menyedot antusias para peserta, terlebih lagi bagi peserta yang rela datang dari luar kota Jambi, seperti dari Kabupaten Muara Bungo. "Kita menargetkan acara ini untuk tingkat provinsi Jambi. Dan alhamdulillah, ada peserta yang rela datang dari jauh untuk mengikuti acara ini," tukas Putri Endah selaku ketua panitia pelaksana kegiatan.

Berlaku sebagai dewan juri untuk perlombaan pementasan drama antara lain Masvil Tomi, S.Sn, Andi 'Amao' Pradinata, serta Cut Rosa Rahma Bulianti, S.Sn. Sedangkan untuk juri pada cabang lomba musikalisasi puisi, yaitu Dr. Sudaryono, M.Pd, Chairan Hafzan Yurma, dan Hendry Nursal. Serta Meiliana K Tansri, Muhamad Usman, dan Titas Suwanda, S.Pd yang ambil bagian untuk juri penulisan cerpen.

Keluar sebagai pemenang dalam pementasan drama yaitu juara pertama, peserta dengan nomor undian 4 yang berasal dari MA Muaro Bungo, peserta undian 12 yang berasal dari SMAN 10 Kota Jambi sebagai juara kedua, dan juara ketiga yang berhasil diraih oleh peserta dengan nomor undian 11, yaitu SMA Titian Teras.

Selanjutnya, keluar sebagai juara pertama pada cabang lomba musikalisasi puisi berhasil diraih oleh peserta dengan nomor undian 7, SMAN 1 Kota Jambi. Sedangkan juara kedua diraih oleh MAN Model Jambi dengan nomor peserta 6, dan terakhir juara ketiga yang diraih oleh peserta undian 2, SMA Titian Teras Jambi.

Untuk cabang perlombaan penulisan cerpen, Monica Gabriela RS dengan cerpennya yang berjudul Belajar yang berasal dari SMAN 5 Kota Jambi. Kemudian, berhasil keluar sebagai juara pertama. Disusul oleh Hedia Risky asal SMAN 1 Kota Jambi yang berhasil meraih juara kedua dengan judul cerpennya Untuk Terkahir Kalinya. Dan untuk pemenang ketiga yaitu diperoleh oleh RTS. Rissa Fitriani asal SMAN 1 Model Ma. Jambi dengan judul cerpen Bukan Untuk Malu. Dari hasil perolehan poin tertinggi, pada akhirnya SMAN 1 Kota Jambi berhasil menyabet piala bergilir Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia untuk tahun 2011 ini.

Pada seminar 'Cinta Sastra Sejak Remaja', bapak Maizar Karim mengajak para remaja untuk lebih mencintai sastra sejak dini. Karena dengan memelihara sastra yang ada, itu sama artinya dengan membantu memelihara budaya turun temurun yang telah ada. Pesan yang sama pun juga terucapkan oleh Meiliana K Tansri dipenghujung acara bedah buku. Selain itu, penulis asal Jambi ini juga menyanpaikan agar para remaja Jambi rajin untuk membaca sebagai upaya untuk memancing minat dalam dunia tulis menulis.

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...