Saturday, December 4, 2010

Narkoba....

Jadi inget semasa sekolah dulu. belajar tentang Narkotika bareng sama Pak Heru. Kalo ngga salah di mata pelajaran Undang-Undang Kesehatan/UUK -rada lupa juga nih!- Belajar soal penyalahgunaan zat-zat adiktif yang sebenarnya sih ada manfaatnya dalam dunia pengobatan. Narkoba sebenarnya adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis.

gb. tanaman pium kokain, dan ganja










Nah, kalo dalam UU No. 22 Tahun 1997, narkoba itu merupakan
zat yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, menghilangkan rasa, mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan (adiktif).


gb. Obat-obatan terlarang











Kalo udah berada dibawah pengaruh narkoba, wuih, rasanya bahagia aja bawannya. Semua beban yang ada, serasa menguap pergi entah kemana. ahl-hal yang sebenarnya ngga ada, malah dikira ada didepan mata. Itu karena efek halusinogennya. Belum lagi yang bikin parahnya itu, kita jadi suka nagih lagi. Karna efek adiktifnya itulah yang membuat seseorang jadi suka ketergantungan. Dan ini jadi salah satu efek yang sangat kuat mengikat para korbannya jadi bisa berbuat brutal seenaknya demi bisa mendapatkan kembali asupan "kebahagiaan" mereka.
Dalm dunia medis sendiri, terkadang dokter mengambil putusan untuk menggunakan narkotika dalam dosis tertentu untuk mencapai efek depresannya. Soalnya, ini dapat membuat pasien menjadi lebih tenang.
Kita kan tau banyak soal jenis narkoba, misalnya aja kayak ganja, kokain, XTC, putaw, dan lainnya. Aku sendiri juga udah pernah liat langsung tuh obat-obatan yang bisa bikin kita bodoh! Dibawa langsung sebagai media pembelajaran UUK.
Sebagai seseorang yang pernah terjun langsung dalam dunia obat-obatan, ngga tau kenapa kok malah ngga seneng aja tuh liat zat-zat aneh yang malah jadi sumber penghasilan beberapa orang yang tak bertanggung jawab. Barangnya kecil cuma segede upil aja, harganya bisa jutaan. Gila ngga tuh! Mending juga tuh obat buat kemoterapi, ngga heran kalo harganya mahal, tapi ini? Bisa ditebak sendiri dunk?!
Yup, dunia semakin aneh! Buat anak mudanya, mending jangan deket-deket deh sama tuh barang! Daripada kamu terperosok ke lembah hitam, mending cari kegiatan lain deh kalo hanya sekedar mencari pelarian. Obat-obatan terlarang itu jangan sampe masuk dalam daftar kamu! Soalnya, bakalan rugi banget jika kamu harus bersentuhan dengannya! Waspada ya kawan!



No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...