Thursday, November 25, 2010

Menurut AKU aja...

Kalo boleh ngoceh, kayaknya kehidupan anak-anak zaman sekarang itu mewah.. wah.. wah...! Kenapa kok aku bilamng begitu? Abisnya liat aja deh tuh, anak yang masih umur 5 tahun aja udah dibekali handphone sama orang tuanya. Apa ngga gila tuh? Belum lagi kalo bisa diliat nih, anak SMP aja yang masih bau kencur, udah pada bawa kendaraan ke sekolah. Masih bisa dianggap wajar kalo itu hanya berupa kendaraan roda dua, tapi ini, dua kalinya roda dua, alias mobil! WAH BANGET KAN? Bisa dipastiin kalo mata kalian udah butuh alat bantu liat jika itu hanyalah sebuah fenomena yang biasa aja. Aku aja kalah tuh. Bukan berarti aku iri loh karna papa ngga mau ngasih aku kendaraan walaupun cuma motor doang! Tapi aku sendiri ngerasa heran aja, apa bener mereka itu yang masih piyik bener-bener bisa mengikuti aturan dalam berkendaraan dilalu lintas? Umurnya aja belum sampai 17 tahun, tapi udah berani melenggang di jalan raya, malah dnegan kecepatan bisa mencapai di atas 100km/jam?! Gila banget ngga sih?

Setau aku nih, -kalo ngga salah denger nih-, di Amerika sana ato di salah satu negara di benua itu deh, pemerintahnya melarang pengendara yang berumur 21 tahun kebawah mengendarai kendaraan berupa mobil dijalan raya! Dan kalo pun mereka ingin mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), mereka bener-bener harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian! Biasanya, mereka akan mendapatkan pelatihan mengemudi dan juga sejumlah tes mengenai pengetahuan mereka dalam berkendara dijalanan. Jadi, ngga sembarangan aja tuh SIM bisa dikeluarkan. Tapi, gimana dengan peraturan yang ada di Indonesia? Kayaknya karet melar aja deh menurut aku! Coba bayangin, orang dalam aja ada yang bisa bantiun untuk bikin SIM tembak ato apalah itu namanya. Padahal belum bisa memenuhi kriteria yang seharusnya. Makanya, ngga heran kan kalo jumlah kecelakaan kendaraan bermotor tiap tahun semakin bertambah?

Sebenarnya, peraturannya udah baik, tapi aplikasi di kehidupan sehari-harinya yang berantakan. Belum lagi sekrang ini, banyak banget muncul lembaga perkreditan. Tambah gampang deh buat punya mobil ato motor. Dengan uang muka yang terjangkau, terus angsurannya yang ringan, jadilah berbondong-bondong orang tua membelikan anak mereka mobil ato motor. Bahkan, dalam satu keluarga aja, bisa berjejer 3 mobil digarasinya? Amazing! Padahal, katanya dinegara kita ini banyak orang yang berada dibawah garis kemiskinan. Tapi dengan melihat kondisi seperti itu, ngga heran deh hal itu bisa terjadi. Soalnya, banyak orang tua yang rela harus berhutang hanya karena ingin bisa menyenangkan hati anaknya. Tapi apa iya seperti itu sih? Kok kayaknya ngga yakin gitu yah?

Dibalik rasa jengkelku yang tersimapn karena papa ngga ngabulin permintaanku buat dibelikan motor, aku malah jadi berpikir sendiri. Lama-lama justru aku makin mengerti apa alasan dibalik semua itu. Prasangka bahwa ngga sayang sama anaknya, justru malah menyadarkan aku bahwa papa sangat sayang sama aku, anaknya. Ngga heran juga papa suka ngedumel panjang lebar kalo abis pulang dari mengumpulkan pundi-pundi uang, dijalan beliau melihat ada kecelakaan. Apalagi setelah dicari tau, yang jadi korban itu ya anak-anak tanggung. Maksudnya, dibilang dewasa juga belum, tapi anak-anak juga bukan. Kan serba nanggung tuh! Ditambah pengalaman papa jadi korban tabrakan oleh anak SMP, tambah kuat deh pendiriannya buat ngga membelikan aku motor! –Padahal aku ngarep banget papa bias sedikit melunak karna kegiatan aku yang ngga banget deh!-

Ini cuma sekedar curahan hatiku yang miris melihat keadaan yang ada. Dengan segala kemewahan yang diterima oleh seorang anak, ternyata justru bisa membuat mereka menjadi malas. Secara, sekarang semua hal bisa didapatkan dengan mudah, mana mau mereka bersusah payah lagi mengeluarkan tenaga ekstra demi apa yang diinginkannya? Kalo udah gitu, apa benar negara kita siap mencetak pemuda yang kreatif, inovatif, dan pekerja keras? -Jawabannya ya silahkan dipikirkan sendiri-

Catatan:

Makasih papa untuk larangan yang telah diberikan. Karna dengan begitu, Ai tau kalo papa benar-benar sayang pada kami _adek&Ai_

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...