Thursday, April 17, 2014

Kekonyolan Dalam Rumah Tangga

KDRT! Jangan bayangin kalo KDRT yang ini adalah singkatan dari Kekerasan Dalam Rumah Tangga, karena KDRT di sini justru bakalan bikin kamu yang baca ngakak-ngakak. Kok bisa? Pasti pada heran kan? Ya iyalah, orang ini KDRT-nya itu Kekonyolan Dalam Rumah Tangga! Beda jauh toh artinya?
Kategorinya buku humor.  Ya jelas, kan isinya lucu-lucu. Tapi kalo boleh jujur sih, ga 100% menurut menilaianku. Ga salah kan? Lah ini menurut aku, ga tau deh kalo menurut yang lain yang sama-sama udah baca buku ini.

Isi buku ini adalah kumpulan beberapa curhatan penulisnya (kalo menurut aku lagi ya...). kalo dibilang semacam kumpulan cerpen, ya bisa jadi... bisa jadiiii... (kek kuis :p) . Ceritanya yang dikumpulin jadi satu ini merupakan coretan tangan dari beberapa penulis, seperti Boim Lebon (pada tau dong siapa ini? Kalo ga tau, kebangetan :<), terus ada Ifa Avianty (kebetulan salah satu karyanya udah pernah baca), ada Agung Satriawan, Tita Rosianti, dan beberapa penulis lainnya.
Kenapa aku bilang cerita dibuku ini isinya tentang curhatan? Karena memang para penulis nyeritain gimana situasi konyol yang pernah mereka rasakan dalam menjalani biduk rumah tangga. Ada yang nyeritain kalo si istri ‘perang’ sama hewan peliharaanlah, yang istrinya dododl banget dalam bidang masak, yang istrinya paling ogah sama urusan nyuci pakaian, yang istrinya bla... bla.. blaa.....
Nah gitu! Kalo yang itu soal istrinya ya. Ada juga yang nyeritain tentang suaminya juga. Misalnya, sang suami yang sukanya becandalah, si suami harus sabar ngadepin istri yang mau melahirkan, tapi perawat rumah sakitnya ‘rada-rada’, ada yang sibuk ngebujuk suaminya supaya bisa dapet hape baru, serta beragam cerita dari suami-suami lainnya. Biar komplit karena ini cerita untuk keluarga, si anak pun ga mau kalah ikutan nimbrung. Ada nih persoalan tentang anaknya yang tiba-tiba menyatak diri bahwa dia adalah kambing. Sontak kelakuan orang serupa disuruh menyerupai kambing (kasian amat yak? Kenapa juga harus kambing gitu?), yang anaknya suka sembrono sama situasi kotor-kotoran, dan cerita beragam soal kelakuan anak-anak lainnya dari beberapa keluarga yang berbeda. Yah, kloplah sama genre humor keluarga.
Balik lagi ke isi cerita. Diantara yang bener-bener lucu, ada juga yang sedikit maksa deh. Ya, lucunya itu sebenarnya ga kentara, Cuma gimana caranya supaya dikemas humor. Nah, maksa ga tuh namanya? Sekali lagi, itu menurutku loh yaaa... Beda orang, beda pendapat! Tapi kalo hanya sekedar untuk menghibur, sudah masuklah formatnya. Intinya nih, kalo kamu-kamu pengen tau seberapa kadar kelucuannya, langsung baca sendiri deh. Terus, kasih penilaian: sangat lucu, lumayan lucu, cukup lucu, lucu, kurang lucu, ato mungkin malah ga lucu sama sekali (perkiraan sih, ga bakalan ada yang milih opsi terakhir deh...)
Ya sutralah bo’, selamat membencong... Ups! Membaca maksudnya... :D (sindrom ;p)

Biodata buku :

Judul                 : KDRT (Kekonyolan Dalam Rumah Tangga)
Penulis              : Boim Lebon, Beby Haryanti Dewi, dkk.
Penerbit            : Lingkar Pena
Tahun terbit      : Maret, 2011
Halaman           
: 170 hal.




No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...