Wednesday, March 26, 2014

Mari Menjadi Remaja Mandiri!

Sulitkah menjadi seseorang yang mandiri? Sebenarnya, jawabannya mudah. Tak akan ada hal yang sulit jika kamu memiliki niat tulus dari dalam hati, termasuk untuk belajar mandiri. Kemandirian juga tidak langsung ada dalam diri kita. Kemandirian tersebut hadir seiring dengan sikap dan sifat kedewasaan kita. Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita sebagai remaja memulai agar bisa menjadi seseorang yang mandiri?

Berikut beberapa langkah yang bisa remaja lakukan untuk menyongsong kemandirian.

1.       Lakukan apa yang dapat kita lakukan sendiri.
Meskipun di rumah keluarga kita memiliki asisten rumah tangga, tapi tidak ada salahnya jika kita melakukan beberapa pekerjaan rumah secara sendiri. Lakukan pekerjaan yang ringan, seperti merapikan tempat tidur atau menyapu rumah. Bukan pekerjaan yang berat bukan? Dengan membiasakan melakukan beberapa pekerjaan sendiri, nantinya kita tidak akan kaget jika ditinggal oleh asisten rumah tangga pulang kampung atau sakit.

2.       Buatlah menjadi kebiasaan. 


Sesuatu yang sudah sering kita lakukan lama kelamaan akan manjadi sebuah kebiasaan. Jika sudah menjadi suatu kebiasaan, tetntu kita tidak akan berat melakukannya. Bahkan terkadang, kita akan merasa ada yang kurang atau ada yang tidak lengkap jika tidak melakukan kegiatan tersebut.

3.       Minta bantuan mengerjakan, bukan minta mengerjakan.
Hati-hati, kalimat di atas memiliki pengertian yang berbeda. Jika kita tidak bisa melakukan sesuatu, mintalah bantuan orang lain untuk menolong kita. Ingat! Hanya sekedar meminta bantuan, bukan malah mengerjakan pekerjaan kita. Karena pada dasarnya tadi, kita hanya meminta bantuan, bukan minta dikerjakan.
 
4.       Berempati terhadap sesama.
Berempati terhadap sesama ternyata juga dapat melatih kita untuk mandiri. Ketika tahu seseorang tengah mengalami kesulitan, kita tentu tidak ingin mengalami hal yang sama bukan? Jadi, kita bisa jadikan kesulitan orang lain sebagai cermin bagi kehidupan kita. Jika kita mengetahui bagaimana sulitnya untuk mendapatkan sesuatu, kita akan termotivasi untuk meraihnya. Motivasi ini akan menjadikan lebih bijak dalam segala hal, termasuk dalam pengaturan waktu.


Nah, gimana? Apakah sulit untuk menjadi pribadi mandiri? Mulailah dari sekarang dan jangan pernah menunda lagi. Dengan menjadi remaja mandiri, kita bisa jadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam menghadapi tantangan dunia. Ayo remaja, semangaaaaatt!! J

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...