Wednesday, February 19, 2014

strategi belajar (2)

yap, kalo sebelumnya sudah dibeberkan hal-hal yang termasuk dalam persiapan belajar, sekarang kita lanjut untuk membahas tentang cara-cara belajar. ayo disimak lagi... :)

1. cara mengikuti pelajaran di kelas.

selama di sekolah, terutama di dalam kelas, wajib hukumnya untuk kita mengikuti pelajaran dengan konsentrasi penuh. konsentrasi ini ditunjang oleh kemauan yang kuat untuk mendapatkan informasi baru. kita pun juga harus aktif dalam mengikuti pelajaran. hal ini harus dilakukan agar seluruh indra dan otak kita mampu menguasasi materi dengan lebih efektif.

2. cara mengatur waktu
sebagai seorang siswa, kita disarankan untuk memiliki rencana belajar, entah itu harian, mingguan, bulanan, sampai semesteran, bahkan mungkin tahunan. namun yang pasti, jadwal itu harus disusun sebaik mungkin untuk bisa mengontrol kegiatan belajar secara disiplin.

3. cara membaca buku
sebelum membaca buku, ada baiknya kita melakukan survei sederhana atas buku yang hendak dibaca. informasi buku bisa kita lihat dari katalog buku yang bersangkutan. jangan lupa untuk baca pula indeks buku di bagian akhir buku, karena sangat bermanfaat untuk secara langsung menemukan halaman yang penting untuk dibaca.

4. cara membuat ringkasan
ringkasan merupakan jalan terbaik untuk membantu kita lebih mudah dalam belajar. ringkasan sebaiknya tidak dibuat dalam format alinea, tetapi dalam format bullet atau poin-poin penting atau berupa gambar supaya bisa lebih menarik. buat pula ringkasan dengan lebih skematis agar lebih enak dibaca.

5.  cara menghafal
ingatan manusia terbagi atas 3 komponen, yaitu sensory register, short term memory (ingatan jangka pendek), dan long term memory (ingatan jangka panjang). sensory register  merupakan pintu masuk informasi melalui panca indera, yang kemudian dilanjutkan  short term memory. dalam tahap ini, informasi visual hanya mampu bertahan kurang dari 1 detik. sedangkan informasi auditoris bertahan selama 2-3 detik. selanjutnya, informasi tersebut diteruskan ke long term memory.
otak kita pun memiliki keterbatasan dalam mengingat. namun, untuk mengatasi hal tersebut, bisa kita atasi dengan metode chunking, yaitu mengelompokkan unit-unit hafalan menjadi kurang dari tujuh kelompok, yang dimaksudkan untuk memudahkan otak untuk mengingat unit-unit hafalan. dan yang pasti, konsentrasi pun juga harus ambil bagian dalam proses ini.

6. cara mengulangi pelajaran
hal yang penting dalam mengulang pelajaran adalah merapikan catatan dan menghubungkan materi hari ini dengan materi-materi pelajaran sebelumnya. hal ini dapat membantu mencapai kompetensi yang diinginkan dalam mata pelajaran yang bersangkutan.

7. cara mempersiapkan ulangan umum atau ujian
ketika ulangan umum atau ujian tiba, catatan yang kamu memiliki akan menjadi alat bantu penting dalam belajar. selain itu, hal penting lain yang perlu dipersiapkan adalah mental dan kesehatan. ini penting sekali, karena kalo kamu sakit, gimana mau ujian? ;p

yap, itu dia strategi belajar untuk teman-teman siswa sekalian semoga bermanfaat buat kita semua :D


No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...