Monday, November 5, 2012

cinta bahasa

tengah larut dalam sebuah proyek besar dalam hal membantu siswa didik sekolah dasar kelas 1 untuk melancarkan proses belajar membaca permulaan mereka. dengan segenap aktivitas yang ada, aku terselip sebagai ujung tombak penyambung tangan pelaksanaan kegiatan ini. bukan pengakuan akan jabatan atau mencari limpahan harta yang ada dibenak ini, hanya saja, dengan ini yang membawa aku benar-benar terjun dalam dunia kebahasaan yang sesungguhnya!
kuliahku, memang mengambil program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia. awalnya, hanya ingin mengejar salah satu program kekhususan yang ada di sana, jurnalistik. tapi selanjutnya, seiring dengan waktu, aku benar-benar larut dengan apa yang ada di sekelilingku. dunia bahasa! meski tak seutuhnya pula aku memahaminya.
tapi lihatlah sekarang, satu program yang tengah dirintis membuatku semakin larut dalam dunia bahasa ini. intinya, kegiatan yang tengah aku lakukan saat ini adalah mencoba membantu guru-guru dalam menerapkan satu metode baru hasil pemikiran salah satu dosenku yang kebetulan juga pembimbing skripsiku. metode belajar membaca. yah, sebut saja demikian. konon katanya, sedikit berbeda dengan metode yang ada sebelumnya. dan katanya lagi, sudah diterapkan pula di beberapa daerah.
terjun untuk membelajarkan anak bangsa! yah, ini dia yang selama ini tak terpikirkan olehku. jika ditanya, jujur, niatku masih naik turun untuk mengabdikan diri sepenuhnya dalam dunia pendidikan. tapi sekarang, lambat laun mulai masuk dalam daftar pemikiranku.
segenap emosi aku tumpahkan demi kesuksesan metode ini. berkoordinasi dengan lapisan guru serta harus bisa pula membaca karakter siswa supaya mereka tidak takut terhadap diriku. wow, bermain dengan anak-anak yang sangat belia. dengan tingkah polah mereka yang sulit ditebak. diajak bermain saja terkadang mereka menolak, bagaimana dengan ajakan belajar? pasti lebih sulit lagi. dan ini pula yang menarik. mengenalkan segenap rentetan huruf dan bunyi, bermain dengan struktur kata dan kalimat, membuat semuanya menjadi menyenangkan.
dengan bahasa, hidupku sejauh ini menjadi lebih berarti. apa yang aku lontarkan, bukan sekedar kalimat tanpa arti. dan karena bahasa pula, aku mengenal dunia... :D
aku cinta bahasa...

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...