Sunday, May 20, 2012

telusur jejak -festival candi ma. jambi-

wow, amazing!!! asli, rasanya seru banget kegiatan yang aku lakuin hari ini. rasanya berkah banget dikasih kesempatan buat menghirup udara hari ini dan diberi kesempatan buat jalan-jalan sama temen-temen yang top banget deh!
jadi hari ini bareng sama temen-temen dari komunitas jambi punyo cerito, jalan ke kawasan kompleks percandian ma. jambi buat ngeliat festival yang biasa diadain setahun sekali, yaitu festival candi ma. jambi. nah, kebetulan emang dari kabar ini udah menggema, aku pengen banget liat. seperti mendapat durian runtuh, dapat ajakan dari bella. langsung disetujuin deh ajakannya buat pergi.
pagi-pagi aku udah bangun, terus nyuci baju yang segunung. selesainya langsung mandi dan siap buat berangkat. sekitar hampir jam setengah 10 gitu cabut dari rumah dijemput bella. langsung cabut deh ke ancol dulu, bareng sama yang lainnya dulu alias ngumpul dulu. setelah dirasa semua lengkap, baru deh kita jalan ke tkp. perjalanan memakan waktu sekitar hampir 30 menit. mungkin lebih. soalnya bawa motornya santai aja sambil cerita sama bella. tapi giliran jalannya sepi, tancap gas juga sih :P
nyampe di candi ternyata rame banget pengunjungnya. kita cuma mampir bentaran doang ke kawasan utama candi, karena langsung pindah lokasi ke wilayah kanal kuno. kalo di kawasan utama candi sendiri, ada kegiatan lomba kicau burung, pemilihan bujang-gadis, sama banyak juga yang lainnya. tapi yang menarik buat aku dan yang aku tunggu-tunggu, dari lama denger nama ini, tapi ga pernah tau dimana lokasinya, yah ke kanal kuno itu!  kesempatan banget kan tuh...!
ternyata lokasinya ga seperti apa yang dibayangkan. yah, sebatas seperti anak sungai yang ngga terlalu panjang juga. tapi disana ternyata udah digelar acara juga. ada lomba nari tradisional jambi bagi anak-anak, festival kuliner masakan khas dari kawasan pemukiman warga sekitar candi, lomba metel/metet, enggrang, outbond, gasing, dan pacu perahu.
berhubung yang baru dilombain itu nari anak-anak. sedangkan stand yang lain masih pada nganggur, yah kita manfaatin deh. apalagi mumpung gratis! asyik banget dah tuh! pertama, aku diajak buat ngejajal outbond. awalnya ragu, tapi akhirnya nangkring juga deh di atas pohon buat nunggu giliran meluncur flying fox. abis itu, muter ke tempat arena permainan gasing. cuma bisa liat aja, karena emang kagak ngarti gimana mainnya. udah bosan dengan kegiatan yang ada, pindah lagi ke bagian enggrang. berhubung tuh enggrang pada nyender di pohon ga ada yang mainin, dan kebetulan juga diizinin buat nyobain main, ya rame-ramelah pada penasaran main enggrang, termasuk aku. ribet banget dah! susah bener...
udah puas main, ga taunya mulai rintik hujan. pindah lagi deh ke tenda festival kuliner. disana ada banyak macam jenis kuliner tradisional asal penduduk setempat, seperti ada lalap-lalapan (itu udah biasa), sambal ulek yang terdiri dari sambal asam jawa, sambal jeruk nipis, sama sambal apa tadi lupa namanya. terus, ada ikan senggung. nih ikan dibakar tapi jauh dari sumber api. masaknya aja sampe 5 jam. tapi ikannya ga dibumbuin sama sekali. pas aku cicip, rasanya ambar, tawar, pokoknya anyep ajah. taunya, dimakannya sama sambal ulekan. ada juga ubut bambu. pokoknya macem-macem deh. eh ga taunya, ujung-ujungnya kita malah 'ngejarah' makanan dari salah satu meja peserta yang ikutan lomba. karena udah dinilai sama juri, yah kita akhirnya ikut 'menjurikan' alias makan! pada nyerbu deh tuh. segala apa yang ada, kita jarah bersama dengan riang.. :D
perut udah kenyang nih. hujan juga udah berenti. nah, terakhir yang dari tadi bikin penasaran, yah main perahu. taunya panitia ngebolehin buat menelusuri kanal kuno. ga mau ketinggalan, aku ikutan juga duduk manis di perahu itu. meskipun dapat bagian yang paling pojok depan banget. gapapa, yang penting berperahu.. :)
panas banget dah taunya. sekali liat jam, pas bener jam 12 teng! heh, ngedayung sambil panas-panasan deh... cuma tetep aja meskipun panas terik begitu, asyik aja nyanyi-nyanyi sambil ngegodian si abang yang ngayuh perahu... asli, usil! :p
udah ngelakuin hal-hal yang heboh-heboh, abis itu ngumpul sejenak sambil mengulas sedikit pengetahuan mengenai lokasi yang dikunjungi plus merencanakan kegiatan selanjutnya. terus, pada bubaran deh.. cuma, aku sama beberapa temen yang lain ga langsung pulang. tapi kita balik lagi ke kawasan utama candi.
kita makan ngisi perut bentar abis itu foto-foto deh. kebetulan rikky bawa kameranya dan bersedia dengan sangat jadi fotografernya langsung. tinggal yang cewek-cewek, aku, bella, sama lova, pose-pose indah ala kita masing-masing. hehhe..
pokoknya, hari ini puas banget! sehabis kemaren ujian ppl, sekarang dibantai dengan kegiatan yang bikin otak freshhhhh... sipp..
kemana lagi yah rute selanjutnya??? jadi pengen jalan lagi nih... :P

2 comments:

  1. mel,baguuussss hehe.. eh tp gimana sih caranya masukin foto byk sekaligus gitu?

    ReplyDelete

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...