Monday, May 28, 2012

namaku....

semua orang punya nama. meski singkat sekalipun. semua orang punya nama. agar jangan sampai ada yang tertukar. semua orang punya nama. dan semoga mereka bahagia dengan nama yang mereka punya.
PATRISIA MERLY
nama itu yang disematkan padaku sewaktu aku lahir. katanya sih, nama itu pemberian dari datukku. katanya lagi sih, itu merupakan sebuah singkatan. waktu dijabarin apa kepanjangan dari singkatan itu, rasanya kok malah jadi bingung sendiri. ada rasa bangga, haru, tapi malah ada perasaan ga enak juga. why? okay, please check my story...

namaku sebenarnya ga jelek-jelek amat dan ga bagus juga sih. standarlah. tapi kayaknya banyak banget prasangka dari nama ini. sampe malahan dosenku bilang kalo nama itu sebenarnya ga terlalu baik buatku sebagai seorang muslim. katanya, nama itu adalah nama baptis. waduuhhh!!! aku sih ga tau bener apa kagak. tapi yang jelas, kok kayaknya ngga enak banget dibilang begitu. sebenarnya itu bukan yang pertama kali aku alami. sebelum-sebelumnya juga pernah. cuma aku cuek ajah. tapi kejadian terakhir itu membaut aku jadi kepikiran pengen ganti nama ajah. (huhu.. :'( )


kata papa, PATRISIA itu merupakan singkatan dari Patriot Republik Indonesia. wew...  sadis juga nih singkatan.. :D terus kalo MERLY itu kombinasi dari nama papa-mama (ga perlu disebut kali yah :) ) nah, makanya, kalo penulisan nama Patrisia itu ga boleh diganti pake huruf C jadi Patricia. karena Indonesia itu pake S bukan pake C! -silahkan analisis sendiri- jadi, diambil penafsiran bahwa, aku ini adalah seorang patriot di dalam keluarga, terlahir di bulan agustus yang identik dengan bulan kemerdekaan dari pasangan bapak .... dan ibu ....! getoh ceritanya, katanya! tapi yang ada, setelah aku tau apa arti nama yang aku miliki ini, malah terbersit niat pengen ganti nama. abisnya berat banget filosofinya. padahal aku ga sebaik nama yang aku sandang ini :'(
selain artinya yang sepertinya teramat keramat, nama ini juga sering membuat orang berpikir bahwa aku ini noni a.k.a non Islam. yah itu tadi, karena ada nama Patrisia di depannya. udah banyak banget yang berpikiran begitu. padahal, aku Islam tulen bukan mualaf! haduhhh... berat amat hidup cuma gara-gara nama doang...!
hanya saja, aku kembali menyadari bahwa nama yang disematkan padaku ini pasti ada doa dibaliknya. meskipun aku tak tau pasti doa seperti apa dan tujuan apa pula yang diharapkan dari diriku ini. walau sejauh ini, aku masih bisa membuat orang tuaku bangga dengan pencapaian yang aku raih. meski sekali lagi, aku ragu dengan nama yang aku miliki. ujung-ujungnya, balik lagi ke nama. 
kadang aku juga suka berpikir kalo namaku ini ga hoki alias bisa membawa keberuntungan. hehehe... pikiran sempit amat yak??!! makanya, aku lebih suka cari nama lain terutama untuk nama pena kalo aku abis menulis karya, entah itu puisi atau cerpen. yang kalo aku pikir lebih mudah diingat dan rada gimana gitu kalo disebutnya.. :P
tapi, dari nama itu ada cinta. dan sebisa mungkin aku pun akan terus mencintai nama yang membuat aku terkadang suka pusing dan bingung sendiri.. :D

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...