Tuesday, April 3, 2012

renungkanlah hidup ini...

kita harus bisa memaknai hidup! yap, harus! dan jangan mengeluh atas apa yang telah Dia berikan pada kita. karena kenyataannya kini, banyak sekali hamba-Nya yang hanya mengumpat atas apa yang ia dapatkan. padahal, mungkin saja itu adalah hal terbaik bagi mereka. ya sih, bukan berarti aku masuk golongan yang lurus-lurus aja dalam hidup ini. ada kalanya suka suntuk juga, suka menggerutu juga, namun jika melihat orang lain diluar sana ternyata lebih sulit daripada aku, sejenak aku akan kembali merenungi betapa baiknya Dia padaku. orang lain sulit dalam mendapatkan pekerjaan. tak sedikit pula yang hanya mengemis demi dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. banyak pula yan harus bersusah payah hanya demi mendapatkan seribu, dua ribu perak dalam sehari. tapi, disisi lain, banyak pula yang dengan mudahnya menghamburkan uang dengan nominal yang besar. bahkan bisa menghidupi ribuan orang sekaligus. tragis! tapi inilah yang namanya hidup.

untuk berfoya-foya, kayaknya aku ga bisa masuk dalam golongan tersebut. untuk bisa memenuhi kebutuhan aja, aku mengorbankan waktuku untuk bekerja, bukan dengan nongkrong bareng bersama teman sambil ngobrol santai dan ngemil makanan di resto atau tempat sejenisnya. aku rela menghabiskan banyak waktuku untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi bisa membantu mengurangi beban papa untuk biaya kuliah dan kebutuhan lainnya. jika yang lain dengan mudahnya mengungkapkan sesuatu untuk bisa dimiliki kepada orang tua mereka, lain halnya dengan aku. jangan berharap papa akan meluluskan keinginanku itu. "bekerjalah, makan akan kamu dapatkan apa yang kamu inginkan!" cuma itu pesan yang selalu aku ingat jika aku ingin meminta sesuatu kepada beliau. dan kini aku memang bisa merasakan sendiri. beberapa barang yang aku inginkan, semua itu aku dapatkan dengan hasil jerih payahku sendiri. rasanya pun berbeda, bangga dan pastinya benar-benar punya hak sepenuhnya. yah itu tadi, kan aku belinya mesti banting tulang dulu!
jika sedang dijalan, aku suka mikir bagaimana dengan mereka yang harus keliling-keliling kampung menjajakan dagangan mereka. capek banget pasti. dan aku masih bersyukur karena aku mendapatkan tempat bekerja yang nyaman, memiliki fasilitas yang baik, dan kemudahan lainnya. tapi mereka? sekali lagi, aku harus bersyukur dengan apa yang telah Dia berikan.

ga ada ruginya untuk memaknai semua hal yang telah digariskan dalam hidup ini. berpikirlah dengan bijak, merenunglah dengan cermat. pikirkan segala hal yang indah yang telah Dia berikan dalam hidup kita. jangan hanya terus menerus menyalahkan Dia, sebab Dia tidak salah, hanya kita yang belum bisa mengerti apa maksud dibalik semua itu. mari teman, kita belajar untuk bisa menghargai hidup ini lebih baik lagi... :D

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...