Wednesday, April 25, 2012

Menjaga budaya bangsa itu mudah!




Jujur, aku bangga lahir dan bisa menetap di negeri ini. sebuah negeri yang sebenarnya banyak menyimpan harta yang tak ternilai harganya. Hanya saja, tak banyak yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Justru malah melakukan hal yang sebaliknya, pokoknya itu ga pantes banget kalo aku nilai.
Lupakan dengan hal-hal yang negatif itu. Karena apa? Karena ada hal yang lebih penting dari itu semua. Dengan kekayaan budaya yang dimiliki, kembali lagi aku harus mengatakan bahwa sangat disayangkan generasi muda masa kini tak terlalu mau ambil bagian dalam melestarikannya. Padahal, semuanya itu sangat tak ternilai harganya. Tapi, giliran nanti direbut orang, baru deh koar-koar. Pasti lagi adem, malah dicuekin! Menyedihkan!
Sesungguhnya, ga terlalu sulit kok buat menjaga kelestarian seni budaya yang dimiliki saat ini. mau bukti? Ini ada beberapa tips yang aku baca dari sebuah majalah pariwisata dan pengen aku share buat temen-temen semua. Check this out!

1.       Barangkali bakalan banyak yang menolak kalo diajak jalan-jalan ke museum. Yang dibilang kunolah, ga gaul, ga keren ato apalah. Intinya satu, mereka ogah diajak buat melihat rekam sejarah masa lalu yang bagi mereka itu hanyalah suatu hal yang membuang waktu saja! Tapi tunggu dulu, siapa bilang kalo jalan-jalan ke museum itu bukanlah suatu kegiatan yang ga seru, ga gaul, ato cuma sekedar buang waktu? Justru, dengan berkunjung ke museum, kita bisa mencari suasana hiburan yang berbeda sambil menambah ilmu pengetahuan. Kan ga selamanya juga menimba ilmu itu harus duduk manis di bangku sekolah. Dimana aja bisa kok, asal ada niat dan jelas tujuannya. Salah satunya, ya dengan berkunjung ke museum. Oh ya satu lagi, kalo ga salah Bung Karno pernah bilang, “Negara yang besar ialah Negara yang mengerti akan sejarah di masa lampau.” (kalo ga salah sih gitu, tapi jika salah, mohon diralat yah J)
2.       Menonton wayang kulit, ludruk, ato ketoprak bagi anak muda, kayaknya cuma bisa dilakukan oleh segelintir saja yang benar-benar merasa bahwa seni budaya itu penting! Karena udah pasti generasi masa kini lebih rela berdesakan membeli karcis nonton bioskop ketimbang ngantri buat beli karcis guna nonton pertunjukkan kesenian tradisional. Yah, padahal nih, menonton seni pertunjukkan tradisional itu bisa memberikan banyak manfaat. Dan ga selamanya juga menonton kesenian tradisional itu membosankan! Siapa bilang begitu? Ada juga kok yang malah membuat kita ketagihan. Percaya deh! Dicoba dulu untuk menikmatinya, jangan langsung memberikan stigma negatif sedangkan kta belum pernah menjajalnya :p


   3. Melihat ritual ada istiadat, festival film atau pameran budaya,  pastinya sulit untuk kita temukan jika kita tinggal di kawasan perkotaan. Apalagi malah ritual yang seperti itu sudah mulai dianggap tabu dan ga penting untuk dilakukan karena banyak alasan, seperti membuang banyak uang, merepotkan, menghabiskan waktu, macam-macam deh. Apadahal  yah, kegiatan seperti itu bisa menjadi oase segar ditengah-tengah rasa haus terhadap kebudayaan Indonesia yang kini satu persatu nyaris lenyap.
4.       Dari pada keliling mal seharian tapi ga ada manfaatnya saat kita pulang ke rumah, mending kita berwisata ke situs-situs bersejarah, menghabiskan waktu di kampung budaya, atau melakukan aktivitas masyarakat pedesaan. Bukankah itu lebih menyenangkan dan banyak manfaatnya yah? Asyik lagi! Karena semua kegiatan itu ga membuat kita jenuh. Kalo cuma keliling mal, pasti yang dilihat itu lagi, itu lagi. Tapi kalo kita bisa melakoni kegiatan yang lebih menyenangkan dari itu, pasti ga ada bosannya deh! Patut dicoba pokoknya!
5.       Apa kamu termasuk dalam golongan yang suka barang branded produksi luar negeri? Idih, ngapain coba beli barang yang beituan mahal-mahal. Padahal nih, kalo dibandingkan dengan barang-barang produksi dalam negeri, ga jauh beda kok kualitasnya. Cuma emang sih, menang namanya aja! Tapi kan kalo bisa beli produk dalam negeri, sama halnya kita turut membantu para pengusaha lokal plus hal kecil seperti itu juga sudah termasuk dalam upaya kita menjaga kelestarian budaya sendiri. Terus, dengan cara itu pula, sebenarnya kita secara tidak langsung juga udah membantu mempromosikan hasil produk dalam negeri ke pasaran luar daerah sendiri.
     Nyatanya, ga terlalu sulitkan buat menjaga budaya bangsa ini? Renungkan deh ulasan yang ada sebelumnya? Semua itu sangat mudah untuk kita lakukan. Ga membuang waktu banyak apalagi menguras kantong. Semuanya sangat simple! Kalo kita bener-bener mengaku mencintai negeri ini, so, apalagi yang menjadi pertimbangan kalian untuk memulai menjaga warisan budaya itu mulai dari sekarang? Masih mikir takut dibilang ga gaul? Aduh, please deh! Jangan mau kalah sama mereka yang berasal bukan dari negeri tercinta ini, tapi justru malah habis-habisan mempelajari sampai dengan cinta mati terhadap budaya yang kita punya!
     Berpikirlah kreatif dan inovatif! Katanya anak muda masa kini?! Jadi harus bisa dong bikin terobosan yang baru untuk melakoni kegiatan seru ini! Tapi ingat, jangan sampai menghilangkan jati diri budaya yang sebenarnya yah… Ayo maju anak negeri…! J
     

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...