Monday, April 16, 2012

dalam media

iseng-iseng pengen mendokumentasikan beberapa berita yang ada nyangkut namaku di media. eh, dapet nih satu, kebetulan waktu itu ikutan jambore bahasa dan sastra di jakarta sekitar akhir november 2011 lalu. meskipun sebenarnya yang menjadi topik utama pemberitaan adalah bang jumardi, salah satu anggota tim perwakilan jambi, tapi nama-nama anggota lainnya ikutan tercantum disana. dan ini dia beritanya..



Putra Bungo Ikut Jambore Sastra Nasional

Submitted by bungopos on Sen, 11/28/2011 - 14:49



MUARABUNGO – Jumardi Putra, pemuda asal Dusun Empelu, Kabupaten Bungo terpilih menjadi salah satu peserta untuk mengikuti Jambore Sastra Nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 28 November-4 Desember 2011 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Menurutnya, Jambore Sastra Nasional ini diikuti dalam rangka menggali kearifan lokal yang bersumber dari bahasa, sastra, tradisi, permainan rakyat dan aspek kebudayaan lain dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia serta sebagai bentuk aktualisasi diri dan sebagai cerminan karakter jati diri bangsa.
Dalam kegiatan yang mempertemukan 33 provinsi yang ada di Indonesia ini, Jumardi mengaku bahwa seluruh peserta akan bertukar informasi terkait kekayaan budaya (bahasa dan sastra) di daerahnya masing-masing. “Semoga Jambi bisa dikenal dengan baik oleh kontingen dari daerah lain”, kilah lelaki yang saat ini aktif di Dewan Kesenian Jambi.
Adapun peserta yang terpilih menjadi kontingen Provinsi Jambi untuk Jambore Bahasa dan Satra saat ini selain Jumardi Putra yag menjadi wakil dari Dewan Kesenian Jambi, juga ikut di dalamnya adalah Feerlie Moonthana dari HISKI Bungo, Sugiyanto dan Liza (Mahasiswa UNJA), Meli dan Dedi (Duta Bahasa Jambi), Cut Citra dan  Monika, (Siswa SMA 8 dan 5 Jambi), Destiara Larasati (SDLB), dan Ana ratna Sari sebagai pendamping dari Kantor Bahasa Jambi.
Adapun pemberangkatan, Kontingen Jambi ini drencanakan berangkat hari ini, Senin (28/11) dari Bandara Sulatan Thaha Saifuddin menuju Bandara Soekarno Hatta, dan dilanjutkan kembali ke perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.
Sementara itu, Yurmalus, Kepala Tata Usaha Kantor Bahasa Jambi mengatakan, sebagaimana rekomendasi dari Pusat Bahasa Jakarta, pihaknya diminta memilih peserta guna mengikuti kegiatan ini.
Hematnya, peserta terpilih tentulah mereka yang memiliki prestasi di bidang bahasa dan sastra. Ia menambahkan, seluruh peserta telah mempersiapkan diri untuk bekreasi di Cibubur nanti, seperti baca puisi, baca cerita rakyat Jambi, cipta puisi, berbalas pantun, permainan rakyat, dan menulis artikel maupun esai. (dom)

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...