Sunday, October 30, 2011

pacaran? awassssssss...!!!

cinta sering dianggap segala-galanya bagi yang tengah larut dalam dunia asmara. bahkan terkadang, baik dan buruknya suatu hal tak menjadi patokan lagi. dan ga tau kenapa, lagi-lagi aku legi kepengen ngebahas soal satu aktivitas yang banyak diributkan oleh kebanyak orang, PACARAN! yups, lagi-lagi ngobrolin soal pacaran. dan ini udah posting kedua yang

well, cinta itu menjadi sangat penting untuk mendapat fokus perhatian dan dijelaskan secara gamblang. dan taukah kalian kalo cinta itu terbagi atas beberapa bagian: menyangkut tentang hal itu. bukan berarti karena aku lagi jomblo terus sensi sama mereka yang tengah memadu kasih, bukan, bukan itu. tenang aja, aku ga iri kok sama kalian, cuma hanya sekedar ingin mengingatkan aja. toh, bukannya sebagai sudara kita harus selalu saling mengingatkan? ealahhh, bukan juga mau sok baik, hanya mengutip aja kok :D
- cinta yang diwajibkan, yaitu cinta kepada Tuhan, Nabi, dan juga semua cinta yang disebabkan dan ditujukan kepada Tuhan semata.
- cinta yang dibolehkan, yaitu cinta yang lahir seca
ra alami seperti cinta kepada orang tua, pasangan hidup, kepada anak, kepada keluarga, kepada tanah air, dan sebagainya. jenis cinta yang ini memiliki batasan yang tidak boleh dilanggar. dan jika dilanggar menjadi haram.
- cinta yang diharamkan, yaitu mencintai sesuatu menyamai cinta kepada Tuhan. cinta yang demikian termasuk bentuk kemusyrikan dalam mencintai. misalnya, menggantungkan hati sepenuhnya kepada kekasih, bukan kepada Tuhan.
kalo kita telaah lebih lanjut nih, ternyata pacaran itu memiliki bahaya juga loh. lagian, siapa bilang kalo pacaran itu lempeng-lempeng aja kayak air mengalir di sungai? nah, buktinya, ada beberapa hal yang membuat sesi pacaran itu menjadi rumit. salah satu cemburuanlah, terlalu protective, begini, begitu, kan itu berarti sesi pacaran kamu ga mulus aja kayak jalan tol.
pacaran itu hanya mengumbar cinta semu (wow, pait banget yah pernyataannya :D) terserah sih sama pandangan masing-masing, tapi kalo buat aku sendiri sih, emang iya! dan untungnya sekarang udah sadar dan kembali ke alam nyata. hehehhe... :D kenapa dibilang semu, coba yuk pahami satu pengalaman berikut ini:

hanya mimpi yang tersisa di depan mataku dan ketidakpastianyang tumbuh subur dalam hati. penaku tak mampu lagi menggoreskan kata-kata yang kupilih. kata-kata itu hanya mengendap dan mengkristal dalam pikiran dan perasaanku. satu kisah yang membuatku mampu bertahan hidup hingga hari ini. sejak aku kehilangan rasa percaya diri. sejak cinta hanya meninggalkan ketidakpastian dan derita. aku lari darinya atau pura-pura tidak mengenalnya. cinta tidak pernah mengenal kata "hati-hati" dan "takut". ketika kamu mengetuk cinta, maka kamu harus lari darinya atau pura-pura tidak mengenalnya.
dengan apa yang dinyatakan di dalamnya, udah jelas banget kalo cinta itu hanya berupa angan-angan dan cuma bisa membawa kesengsaraan. mungkin bukan hanya satu atau dua orang aja yang mengalami hal serupa dengan apa yang terjadi di atas, bahkan bisa ribuan orang juga ikut mengalaminya. oke, intinya, cinta itu SEMU!
biar kita ga terpuruk terus dalam hal yang ga pasti dan dapat menjerumuskan kita ke dalam jurang bahaya pacaran, nih dia beberapa bahaya yang bisa di share bareng kalian semua yang udah sudi mampir membaca tulisan ini... check this out!

1. bahaya pacaran dari segi agama
sebagai seorang muslim, -dan tentunya agama yang lain, saya rasa ga jauh beda- pastinya dilarang terlalu mencintai sesuatu melebihi Allah.
"Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah." (Qs. Al-Baqarah:165)
dari apa yang telah tertera di atas, bahwa sebenarnya udah jelas ada kok fenomena yang demikian. dan disitu juga udah dijelasin kalo Allah itu juga jealous jika hambanya ada yang menduakan-Nya. secara ga sadar, jika kita mencintai sesuatu menyamai atau bahkan melebihi cinta kita kepada Tuhan, itu udah menjadi suatu tanda bahwa kita telah musyrik kepada-Nya.
pacaran juga bisa menyeret kita kepada perbuatan yang keji. loh, kok gitu? nah itu dia. pernah ga liat orang pacaran yang bertengkar, terus salah satunya menampar atau memukul pasangannya sebagai rasa tidak puas hati karena kemarahannya? sadis amat yah! baru pacaran aja udah berani main fisik gitu. dan apakah itu bukan perbuatan yang keji? kalo ada yang jawab ga, wah, kayaknya kamu harus buru-buru check up ke rumkit jiwa. siapa tau ada

syaraf yang nyangkut tuh! :D dan berbuat keji seperti itu adalah hal yang dilarang oleh agama.
selain itu, kegiatan pacaran juga bisa membantu merosotkan kadar kualitas iman kita. saking asyiknya pacaran, kadang kala banyak yang rela meninggalkan solat mereka. satu alasan, "abisnya keasyikkan sih..." ealahhh,, emangnya lagi ngapain atuh?

2. bahaya pacaran dari segi psikis
gara-gara pacar selingkuh sama orang lain, terus yang ditingglkan malah hilang PeDenya. haduh? kok bisa gitu? emang bisa aja. barangkali dia ga berani lagi untuk memulai suatu hubungan baru ato lain sebagainya. kan ada tuh yang abis putus, malah mengurung diri aja di kamar sampe berhari-hari ga keluar. bukankah itu pertanda bahwa rasa kepercayaan dirinya hilang? "dia ga PeDe kalo ga jalan sama si anu, mantan pacarnya itu..." halah, kayak manusia cuma satu aja yang bisa diajak jalan!
ga cuma hilang PeDe, bahkan pacaran bisa nyiksa diri sendiri. example, kamu punya pacar yang stylish, fashionable, pokok'e sempurna gitu. trus, kamunya sendiri cuma biasa aja. old style, brantakan, kacau dah! dan demi menyenangkan orang yang kamu sayang ituuuu, kamu pun rela menjadi apa yang dia mau meskipun sebenarnya itu ga kamu banget! apa itu bukan siksaan namanya? kalo ya cinta, terima apa adanya dun!
masih banyak lagi bahaya psikis lainnya, kayak studi kamu yang gagal gara-gara cuma ada waktu buat ngeladeni pacar tapi ga ada waktu buat ngerja

in tugas, terus punya perasaan yang ga aman karena mantan pacar neror kamu terus, penantian yang tak berujung gara-gara udah dijanjiin taunya tuh orang malah kabur! hhooooooohhhhhhhh, lama-lama bisa gila beneran guys!
3. bahaya pacaran dari segi kesehatan
yang mau ngakak, ngakak deh tuh lebar-lebar kalo ternyata kalian anggap ini sesuatu yang lucu. tapi, setelah baca uraiannya lebih lanjut, tolong dipahami bener-bener deh ya. kalo sampe ingkar dengan apa yang ada, berarti kamu lagi 'ga sadarkan diri' :D
pacaran emang bisa ngerusak kesehatan kok. karna kenyataannya emang ada sejoli yang tengah menjalin kasih tapi bukannya tambah makmur, malah makin mengkerut kayak plastik kena panas. lah iya, orang tuh si doi pengennya macem-macem dan harus dituruti pula. kan bisa meras otak mikirnya. yang ada malah kamu ga nafsu makan cuma mikirin itu doang. lama-lama malah kering tuh badan. masih mending kalo cuma badan aja yang kering, ini malah merembet ke kantong juga. ga sehat badan plus ga sehat dompet deh!

4. bahaya pacaran dari segi sosial
pernah ga sih terpikir kenapa kok zaman sekarang makin merajalela aja yang namanya pelaku seks bebas atau yang ebih dikenal penjaja seks komersial (pelacur)? ada ga terlintas bahwa itu terjadi bukan cuma karena alas
an ekonomi semata tapi juga berawal dari korban pacaran? emang ada kok. karena emang sangat dimungkinkan seorang gadis cantik menjadi pelacur karena telah dinodai oleh pacarnya. terus saat diminta pertanggungjawaban, tuh cowok malah kabur. karena putus asa, yang ada bukannya insyaf malah tuh cewek menjual tubuhnya untuk cowok lain lagi karena merasa dirinya udah ga suci lagi. duh, amit-amit banget deh ah #sambil ngetok meja. dan kejadian seperti itu telah mencoreng moral sosial masyarakat. itu sungguh sangat memprihatinkan.
selain itu, karena kegagalan dalam memadu kasih, banyak juga yang malah enggan untuk menikah alias memilih untuk melajang seumur hidup. tragis! sungguh sempit sekali pemikiran mereka.
lanjut lagi, bahaya lain yang bisa terjadi yakni merebaknya skandal perselingkuhan, naiknya tingkat kriminalitas khususnya dalam hal pembunuhan (banyak yang bunuh diri atau membunuh sesama lainnya karena cemburu atau patah hati).

5. bahaya pacaran dari segi moral
akibat utama dari pacaran dari segi moral yaitu hilangnya kehormatan dan harga diri seseorang dimata lawan jenisnya. misalnya karena perselingkuhan (kayaknya selingkuh ini enjadi momok utama yah.. ?.?) orang yang udah pernah melakukan perselingkuhan, akan dipandang rendah dimata o
rang lain, ga cuma di mata pasangan kamu sendiri. ya iyalah, itu sih sama aja dengan ga bersyukur. udah punya yang baik, malah nyari cadangan lagi. edun tenan!

6. bahaya pacaran dari segi ekonomi
ini nih yang seru. coba ngaku, siapa yang uang jajannya sering abis gara-gara cuma buat nraktir doi atau karena keabisan pulsa cuma buat nelponin atau sms in yayank? banyak yang angkat tangan tuh. eh, yang dibelakang, ga usah malu-malu, jujur aja... :D ini krusial juga loh diantara hal-hal berbahaya lainnya. soalnya, dampaknya langsung berasa, kanker man, alias akntong kering! mending kalo ortu konglomerat, minta uang berapa aja pasti dikasih. tapi kalo ortu kamu konglomelarat, gimana dong! paling diomelin gini, 'duit lagi, duit lagi. yang dikasih kemaren kemana?" :P
huffftt.. ternyata banyak juga yah bahaya dalam pacaran. sangkain cuma enak-enaknya aja, ga taunya, iiihhh... serem juga! dan yang pasti, ga banget deh!
jujur, aku sendiri juga dulu pernah kok terjebak dalam hal itu. malah hampir bye-bye dari dunia gara-gara putus cinta, sempat trauma, dan malah sempat juga ga percaya sama makhluk bergolongan jenis Adam (kecuali papaku... :P) tapi, itu dulu! sekarang, udah kembali normal lagi kok. dan untuk itu, kini aku ingin berbagi dengan kalian demi kebaikan.
tapi eiittsss... buat yang udah punya pasangan, bukan berarti aku ngompor-ngomprin kalian buat udahan yah, itu mah terserah kalian. kalo emang udah saling cocok, kenapa ga langsung aja ke pelaminan? di dukung kok! ok... :D
happy time for all of you guys....!

tulisan ini terinspirasi dan sedikit saduran dari buku berjudul, Bahaya Pacaran Sebelum Menikah, terjemahan dari Muhammad Syafi'i Masykur, S.Ag., M.Hum



No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...