Saturday, April 23, 2011

Memulai Cerita

Kayaknya cukup seru buat ngerekap perjalanan hidup yang udah aku tempuh hampir 22 tahun ini. Meskipun ngga mungkin juga semua hal akan tertuang secara detail, tapi apa-apa aja yang menjadi cerita besar ato momen spesial, bisa jadi acuan yang menarik.

Ok, let’s start it!

Denger-denger cerita dari mama, aku lahir ngga pas dengan waktu perkiraan. Emang bukan hal yang aneh sih kalo bayi itu bisa lahir ngga sama dengan perkiraan dokter. Tapi tunggu dulu! Aku termasuk dalam kategori anak yang lahir prematur. Ngga aneh juga kalo diliat dari tanggal lahirnya, pas dipenghujung bulan alias akhir bulan. Padahal tuh, kalo yang namanya pegawai negeri, itu mah nanggung amat buat nerima gajian, kan besokkannya udah tanggal 1 :)

Hokelah itu bukan jadi persoalan yang besar. Yang penting kan lahirnya selamat, sehat dan lucu (hohoho….)

Next destination! Aku udah mulai gede nih. Udah mau masuk sekolah TK. Ingat banget masih nih waktu zaman-zamannya pake celana monyet nih. Bisa dibilang aku termasuk salah satu anak heboh sama segala bidang kegiatan yang ada di sekolah. Mau itu nyanyi, mewarnai, sampe menari, semuanya aku ikutin. Aktif apa hiperaktif ya? What ever-lah, yang penting berprestasi. Buktinya, aku bisa menggondol piala juara harapan II lomba mewarnai tingkat nasional di Jakarta. Meskipun cuma juara harapan II, yang jelas aku termasuk 5 orang anak yang beruntung dari seluruh Indonesia. Bangga? Oh ya, jelas dong. :p

Saking hebohnya tadi ikutan segala bidang seni yang ada di sekolah, aku juga masih ingat gimana waktu itu diperebutkan sama guru buat latihan vokal dan tari. Alhasil, mesti bolak balik deh kayak setrikaan. Melelahkan…!

Yap, cerita itu mulai berganti. Sekarang udah saatnya ganti seragam. Waktunya mengenakan putih-merah. Kalo sampe kebalik makenya, malah dikira bendera pula nanti. Nah, buat urusan masuk SD, ada satu hal yang cukup unik yang papa lakukan buat aku. Karena aku udah dianggap bisa belajar bertanggung jawab akan sebuah pilihan yang aku ambil, akhirnya papa pun menerapkan satu hal yang lain dari pada yang lain buat bantu aku milih sekolah yang aku inginkan. Aku diajak papa keliling naik vespa ke beberapa SD yang kebetulan deket dengan rumah. Ada 3 SD yang jaraknya lumayan deket dari rumah. Setelah pilah-pilih, aku menyatakan ingin masuk sekolah yang kebetulan tetanggaan sama Puskemas STM. Dan disanalah pada akhirnya aku menjalani hari-hari menempuh pendidikan selama 6 tahun.

Ngga ada yang terlalu spesial selama di SD. Semua berjalan lancar-lancar aja. Prestasi terbaikku juga cuma pas kelas 4. Bisa dapat rangking 2 waktu catur wulan 1. Selebihnya, nothing special.

Cukup 6 tahun aja pake putih-merah. Ngga mau nambah waktu lama-lama. Sudah saatnya ganti seragam lagi. Jadi putih-biru dong! Bangga nih ceritanya, karena bisa masuk SMP sesuai dengan harapan. Dan dimulainya juga sebuah babak kehidupan baru saat aku menginjak masa remaja.

Belum sampai 1 tahun aku mengenakan seragam putih-biru, nyatanya sebuah peristiwa besar terjadi dalam hidupku. Bukan sebuah keinginan yang aku mau dan bukan pula sebuah takdir yang bisa ditolak. Mama pergi untuk selamanya. Meninggalkan aku yang masih haus akan kasih sayang dan cintanya serta semua keluarga yang menyayanginya. Tapi, mungkin itu adalah pilihan yang terbaik dibandingkan mama harus terus menahan sakit yang telah lama dideritanya. Allah terlalu sayang padanya.

Meskipun begitu, ada cerita indahnya juga kok. Guys, I’m falling in love! Kesandung virus merah jambu pas kelas 2 SMP. Ngga jauh-jauh kok, temen yang duduknya dibangku belakang. Pas banget dibelakang aku J

Emang cinta ngga bisa ditebak. Meskipun aku termasuk anak yang ngga gampang bilang suka sama seseorang, tapi aku cukup menikmati bisa melihat dia. Hehehe… ini dia sesi cinta monyetku. Aku pikir cuma bakalan bertahan satu sampai dua ato tiga bulan aja, tapi nyatanya masih awet aja tuh perasaan sampe sekarang. Wualaaaaa…..! kita emang ngga sempat pacaran waktu sekolah dulu. Lagi pula, aku emang belum siap buat menjalani suatu hubungan. Kalo aku ngga konsisten sama prinsipku yang satu itu, bisa aja waktu itu aku nerima cinta lain yang datang ke aku pas aku kelas 3. Jangan salah loh, itu justru datang dari seseorang yang aku udah anggap sobat sendiri. Hemm, berat banget! Banyak hal yang harus aku pikirkan jika emang nerima dia buat jadi pacarku. Meskipun yang lainnya udah pada ngasih lampu hijau sebagai bukti dukungan mereka, tapi aku tetep aja ngga bisa. Karena aku ngga mau sampe ada kejadian, dari temen jadi demen terus akhirnya malah jadi sebel sebel dalam arti setelah bubaran, jadi musuhan. Oh no! Bukan aku banget tuh! Dan keputusan yang aku ambil ini benar! Buktinya sampe sekarang kita tetep awet sebagai sahabat. Malah aku udah anggap dia kayak kakak sendiri. Peace bro !

Cinta itu emang manisnya bisa nempel lama kayak coklat. Meskipun aku udah berada jauh di seberang pulau, tapi masih aja melekat kat kat kat….! Lupa deh! Ada cerita lain yang mengantarkan aku sampai harus nyebrang pulau nih!

Sebenarnya, ini bukan mau aku. Lagi-lagi, aku harus ngejalanin suatu skenario kehidupan yang bukan suatu hal yang aku sukai. Mungkin bisa dibilang, dengan sangat terpaksa, aku masuk ke sekolah yang basik dasarnya Farmasi.padahal tuh, waktu lulus SD, aku udah bikin rule sendiri buat pendidikanku. Nanti masuk ke SMP ini, terus lanjut ke SMA itu sampai akhirnya masuk kuliah di Universitas ini. Eh tapi ya karena yang tadi itu, perencanaanku gatot alias gagal total!

Tapi, dibalik semua yang telah aku jalani, udah pasti ada cerita besar dibaliknya. Ini bukan suatu hal yang enak buat aku jalankan. Tapi ada cerita bau lagi yang bisa aku dapatkan. Percaya ngga percaya, aku malah bisa dibilang berubah 180 derajat. Bayangin aja, masa sih ada cewek yang umurnya sekitar 15-16 tahun, tapi hobinya malah otomotif?! Kalo itu cowok, wajar. Tapi ini cewek! Ya aku jawabannya! Mungkin karena terpengaruh juga dari sobatku yang suka nonton balap, ujung-ujungnya merembet deh ke aku. Asli, itu bisa dibilang obat yang paling mujarab buat mengobati sakit hati karena pemaksaan masuk ke sekolah yang ngga aku inginkan! Gimana ngga dendam, masalahnya tuh, aku terpilih menjadi salah satu murid yang lolos di salah satu SMA favorit di kotaku. Geblek banget ngga sih menyia-nyiakan kesempatan itu? padahal udah jelas-jelas aku bertarung buat masuk ke sekolah itu. pas kesempatan datang, eh malah dilepas gitu aja. Nasib… nasib… Tapi balik lagi nih, kalo kata Bang Ali di sinetron Islam KTP itu, “Ada rahasia dibalik rahasia.” Yah, dan aku mengerti apa arti ungkapan itu sekarang.

Dimasa SMF pula aku punya pacar untuk pertama kalinya. Tapi cuma tahan bentaran doang. Abisnya aku emang ngga niat-niat amat buat pacaran. Cuma dari sebuah celetukkan karna pengen punya pacar, seminggu kemudian aku kenalan sama cowok yang kebetulan juga lagi nonton balap di PRJ, terus seminggu kemudiannya lagi, langsung jadian. Dan lima hari kemudian lagi, putus! Stres banget ngga sih tuh! Bisa dibilang, masa remajaku, suram! Aku ngga banyak kenal temen cowok kecuali yang ada di sekolah. Meskipun rada tomboy, tapi aku bukanlah tipikal cewek yang suka keluyuran ngga jelas di kota metropolitan yang justru bikin aku sesak napas dibuatnya. Labelnya sih keren, anak metropolitan, tapi kenyataan yang ada, semua orang dibikin geleng kepala. Aku malah lebih suka mendem di kamar sambil dengerin lagu dari radio. Dan bisa dipastikan hampir setiap hari hanya itu yang bisa aku lakukan. Kuper gitu istilahnnya kalo kata anak gaul sekarang. Bodo’ amat ah, yang penting aku tetep senang.

Live must go on, gelz! Dan aku tetep bertahan dalam keterpurukan psikis. Karena ngga setujunya aku untuk menempuh pendidikan di Farmasi, dua kali aku hampir cabut dari situ. Aku udah bilang ke papa buat pindah sekolah aja. Untungnya, papa seperti bisa membaca tekanan batin yang aku rasain. Papa setuju aja buat memindahkan aku kembali ke Jambi, kota kelahiran yang telah lama aku tinggalkan. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, aku ngga bisa nyambung sama materi pelajaran yang ada di SMA biasa. beda banget bo’! tau deh apa yang mereka masukin ke otak. Pelajaran mereka bisa dibilang beberapa tingkat lebih sulit dari apa yang aku terima di Farmasi. Jadi kesimpulannya, gagal deh buat out dari tuh sekolah L

Untungnya, aku masih bisa lulus dengan nilai yang baik, cukup tinggi malah. Padahal, udah jelas amat aku cuma pengen cepat-cepat kabur dari sana. Bisa dibilang nih, saking ngga niat buat sekolah disana, aku udah lupa tuh sama apa aja yang pernah aku terima. Bener-bener plong gitu pikiran kalo ditanyain soal yang kemaren. Au’ ah lap! Yang jelas, I’m free…!

Dimana-mana, aku udah lulus SMA, pasti pada heboh dong beruforia buat berbondong-bondong daftar kuliah. Tapi aku ngga tuh! Buat ikutan tes SNMPTN aja malesnya setengah mampus. Kalo bukan karena dipaksa sama om, aku ogah deh buat antri ambil formulir. Soalnya udah ketebak, aku pasti ngga bakalan bisa masuk kuliah. Otakku udah kelewat buntu buat nerusin pelajaran yang udah bablas di otak ini. Farmasi lagi? No, no,no! Hate that!

Niat buat kuliah itu ada, tapi ngga dan bukan buat meneruskan Farmasi. Aku mulai memikirkan alternatif lain yang sekiranya bisa kemakan di otakku. Dan bukan untuk tahun itu. mesti 1 tahun kemudian impian itu tercapai. Dan sekarang, dengan tidak begitu mengecewakan, aku bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Dan yang pasti, ini pilihanku sendiri. Bukan atas dasar paksaan lagi! Aku ogah buat dipaksa-paksa lagi! Cukup sudah waktu 3 tahun yang terbuang tanpa arti itu. Ngga ada bekas sama sekali buat aku. Cukup juga aku dijadikan seperti robot yang mau aja diminta untuk melakukan ini dan itu. tapi tetep, ada hikmahnya dibalik semua itu! dan aku tetep mengucapkan terima kasih buat Ma’tuo dan uda Iin yang udah merelakan penghasilannya untuk membiayai sekolah, uang jajan, sampe kebutuhan hidup lainnya selama disana. Tappi maaf, kalo aku ngga bisa melakukan hal seperti apa yang diharapkan. Aku masih ingin melanjutkan cita-citaku sendiri.

Lalu, sekarang, apa yang bisa aku dapatkan? I’m so happy with all my life! Sedikit demi sedikit impian-impian itu terwujud. Memang tidaklah sepenuhnya, namun aku bersyukur dengan segala kemudahan yang udah diberikan-Nya untukku. Dan ini waktunya untuk bersyukur! Berterima kasih akan kemudahan yang telah diberikan. Dan sudah waktunya pula untuk aku benar-benar fokus akan pilihan yang telah aku pilih. Tidak lagi menjalaninya dengan setengah hati seperti kemaren. Jangan diulangi hal itu.

Sudah waktunya pula aku membahagiakan papa, salah satu harta yang tak ternilai di dunia ini yang aku miliki. Pokoknya, aku akan terus berusaha. Aku ngga mau membuat papa menyesal memiliki anak seperti aku. Membuatnya selalu bahagia adalah misi hidupku. Aku memang bukanlah seseorang yang sempurna, namun tidak ada salahnya aku mencoba memberikan yang terbaik untuknya.

And next destination: nyelesein kuliah dan mencari pekerjaan yang mapan untuk membantu membuat semuanya menjadi tampak lebih sempurna!

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...