Wednesday, August 21, 2013

cerita guru 'muda'

lama ga nulis. banyak bener yang pengen dibagi. tapi yang paling krusial saat ini enaknya berbagi soal pengalaman baru bertigas menjadi guru yang sebenarnya! bukan berlabel guru PPL, tapi emang guru sebagaimana adanya. lalu, apa yang terjadi selanjutnya???
wisuda di bulan april, kemudian tembus tes menjadi guru honor di sebuah sekolah swasta di kota jambi pada bulan juli pas banget 2 minggu berjalannya bulan ramadhan. bisa dibilang itu berkah luar biasa di ramadhan tahun ini. baru sekitar 10 hari beradaptasi, terus lanjut libur lebaran selama 2 minggu. sip deh! :D
sebenernya, info bakalan dicari guru baru b.indonesia di sekolah itu udah tau dari saban hari dari guru yang mau mundur di situ karena kudu ikut suami. tapi, ga tau kenapa, belum sreg aja buat ikutan kirim lamaran ke sana. sampai pada akhirnya, kena semprot sama yang kasih info :P maklumlah, masih sohib sendiri, hehehe...
alhasil, melayanglah satu lamaran ke sana. selanjutnya, ikut tes ini-itu dengan proses yang belibet dan lama (untung puasa, jadi belajar sabarnya juga ekstra). setelah tes ini dan tes itu, dapet panggilan kalo diterima di sana. satu hal yang unik, saat pihak ybs menelpon, asli, ga ada reaksi. cuma bisa bilang, "oh, terus gimana?" (heloooooooooooooooooooo, kek ga niat buat kerja aja)
abis dapet telpon, disuruh ngadep ke yayasan (namanya juga sekolah swasta, pasti ada hubungannya dengan yayasan), terus bicara aturan dan bla..blaaa.. blaaaaa........... sampai pada akhirnya tanda tangan kontrak kerja. terus? besoknya kudu hadir ke sekolah sebagai guru baru! taraa...! akhirnya saya berstatus sebagai GURU = G-U-R-U!
tapi lucunya, waktu masuk ke wilayah kerja itu, anak-anak nyangkain kite ini guru PPL (nyebut 'kite' karna emang ga sendirian, ada beberapa). ya.. ya.. yaa... wajar sih, mungkin karena faktor awet muda, jadi meskipun udah sarjana, masih disangka anak kuliahan :p
kalo anak muridnya nyangkain sebagai guru PPL, lebih sadis lagi guru-guru di sana malahan. karena sudah menjadi aturan bahwa setiap masuk jadwal solat zuhur untuk solat berjamaah, jadi pada tumpah ruah deh ke masjid. nah ini nih, kenapa sampe dibilang guru di sana sadis, soalnya, pas lagi pada ngatur barisan solat (shaf), aye ditarik-tarik disangkain anak murid! :'( huhuhu.. terharu! (terima kasih Ya ALLAH, Engkau berikan hamba wajah yang unyu ini... :'D)
okeh, mari kita selesaikan adegan narsis ini. lanjut ke bagian berikutnya.
jadwal sudah ada, murid sudah kenal dengan guru barunya, dan muncullah sifat asli mereka!! oh, tidak, haruskah saya yang unyu ini menyandang predikat sebagai guru killer? itu tidak mungkin!!! terus, kalo ga begitu, apa ada jalan lain untuk bisa menertibkan mereka yang kacaunya melebihi macet di ibukota??!!
marahh. kata itu sulit untuk dituangkan begitu saja dalam bentuk prilaku. soalnya, aye ga bisa marah di depan anak-anak. bukan karena takut soal pencitraan atau apa, tapi takut efek psikologisnya mereka nanti malah ga mau belajar ama kite.
di saat ada beberapa anak yang berulah, terus merusuh ke satu kelas, lanjut emosi udah terpancing tapi ga bisa marah, yang ada kepala tiba-tiba panas dan sepersekian detik kesadaran berkurang. gawat! kalo ga bisa ngontrol diri, mungkin udah pingsan di kelas. nah ini yang jadi masalah sekali! mengelola emosi! lalu, apakah ada yang bisa memberi solusi?

*cerita bersambung atau tak tersambung sama sekali, tergantung nanti...*

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...