Saturday, April 6, 2013

-Tips- Membuat CV yang baik

cieee.. yang udah kelar sekolah atau kuliahnyaa... :D selamat ya... nah, sekarang giliran kita buat mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja. tapii,,, biasanya nih, bagi seorang pemula yang akan turun bekerja, satu hal yang membuat bingung, bagaimana caranya untuk membuat surat lamaran kerja beserta CV atau resume biodata diri. nah, dari pada bingung, ada tips seru nih buat kamu semua. yuk disimak bersama -->
tips ini bakalan lebih kita tekankan ke arah pembuata CV atau biodata diri kamu sebagai calon pelamar kerja. biasanya, halaman yang satu ini cukup menjadi perhatian besar dari perusahaan atau tempat kerja yang akan kita sambangi. maka dari itu, kunci utama dari pembuatan CV itu, kita harus jujur sejujur-jujurnya! catet!
ini dia beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat resume data diri kita:
sumber: regional.kompasiana
1. buat resume data diri kita dengan sejujurnya, sekian itu kita juga harus percaya diri bahwa kita punya kelebihan dari orang lain. jadi, jangan minder yaaaa... :P
2. usahakan membuatnya dalam bentuk yang singkat dan padat.
3. perhatikan penulisan dalam hal tata bahasa, tanda baca, serta ejaan yang benar.
4. utarakan dengan gamblang, tidak berbelit-belit.
5. resume yang kita buat harus bisa mudah dibaca dan dicerna oleh siapa pun.
6. usahakan tulislah resume kita di kertas putih polos.
7. sebaiaknya, hindari penulisan resume dengan tulis tangan, terkecuali hal tersebut memang menjadi persyaratan dalam menulis lamaran yang telah dihimbau oleh tempat tujuan yang bersangkutan.
8. lampirkan pas foto terbaru berukuran 3x4 atau 4x6 dengan menggunakan pakaian resmi.
lampirkan pula foto kopi dokumen kita, seperti ijazah, sertifikat, atau lain sebagainya.

dalam menulis resume biodata diri untuk perihal pengajuan lamaran pekerjaan ini, ada urutannya juga loh. urutan yang baik itu:
1. data diri.
mencantumkan identitas diri mulai dari nama lengkap, alamat, jenis kelamin, status, tempat/ tanggal lahir, agama, status perkawinan, informasi kontak, dan lainnya. dibuat lengkap yaaa..
2. pendidikan
cantumkan jenjang pendidikan yang kita jalani, baik itu pendidikan formal maupun nonformal. jangan lupa tambahkan tahun masuk dan tahun kelulusannya, jurusan yang diambil, dan sebagainya.
3. kemampuan/keahlian
kita perlu menjelaskan sedikit apa keahlian yang kita miliki. siapa tau, dari situ kita masuk dalam kualifikasi yang mereka inginkan.
4. pengalaman kerja
buat yang sebelumnya udah pernah kerja di tempat lain, ga ada salahnya mencantumkan pekerjaan terakhir yang pernah kita lakoni. sebutkan nama perusahaannya, tahun bekerja dan jabatan yang posisi pekerjaan.
5. pengalaman organisasi
buat yang aktif dalam berorganisasi, pengalaman kita yang satu ini juga perlu loh kita cantumkan. karena bisa jadi ini sebagai nilai tambah kita. jangan malu untuk mengungkapkannya. sebuatkan nama organisasinya, tahun pengabdian, serta jabatan yang kita lakoni dalam organisasi tersebut.
6. refernsi kerja
yang ini sangat penting! usahakan hanya mencantumkan nama dan nomor telepeon seseorang yang merekomendasikan kita untuk bekerja di tempat tersebut. karena biasanya, dengan hal tersebut kita bisa sedikit terbantu karena orang tersebut bisa memberikan stigma positif bagi kita.

gimana, bisa kan? selamat mencari kerja... :D

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...