Thursday, May 31, 2012

hati-hati dengan suplemen

di era yang super sibuk ini, semua orang berkejaran dengan waktu untuk bisa mengerjakan segala pekerjaan dengan baik guna bisa mencapai hasil sempurna. namun pastinya, dengan segala kesibukkan tersebut, sewajarnya seorang manusia biasa, harus ada dopping yang menunjang tubuh agar segala pekerjaan tetap bisa dikerjakan. nah, untuk itu, biasanya banyak orang yang mengkonsumsi suplemen guna menunjang daya tahan tubuh mereka.
tapi, tau ga sih, kalo ternyata ga selamanya suplemen yang dikonsumsi itu bisa memberikan efek positif bagi tubuh kita? karena ternyata, menurut penelitian, ada juga efek negatif yang ditimbulkan oleh suplemen makanan itu sendiri. mau tau apa aja efek negatif itu? please check this out!
1. minyak ikan
manfaat:
meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko kanker
efek samping:
mulas, sendawa, dan diare

tablet minyak ikan adalah cara terbaik meningkatkan asupan omega-3, namun dapat menyebabkan masalah lambung, nyeri ulu hati, dan sendawa dengan after  taste bau amis.


2. ginko biloba
manfaat:
meningkatkan memori
efek samping:
sakit kepala, mual, gangguan gastologikal, serta pendarahan

suplemen jenis ini sempat naik daun beberapa waktu silam karena khasiatnya dapat meningkatkan memori. 


3. gingseng
manfaat:
meningkatkan energi
efek samping:
tekanan darah meningkat

gingseng dapat mempengaruhi reseptor hormon di otak dengan merangsang sekresi hormon adrenal sehingga berpengaruh pada peningkatan energi.


rada serem juga efek samping yang ditimbulkan oleh suplemen-suplemen di atas. namun, pastinya, untuk tetap bisa menjaga kesehatan kita, imbangi dengan olahraga dan makanan yang sehat, plus jangan lupa untuk banyak minum air putih. dengan begitu, setidaknya kita bisa meminimalisir penggunaan obat-obatan karena sudah mendapat asupan langsung dari sumber bahan makanan alami. selamat menjalani hidup sehat... :D

(sumber: viva.news)

No comments:

Post a Comment

Jangan sebut kami BENGAK!

hari ini, dengan lantangnya, ia berkata, "Guru-guru di sini bengak !" aku yang hanya bisa mendengarkan dari dalam ruang guru, ter...